Beda Trimester Kehamilan, Beda Olahraga yang Boleh Dilakukan

Mimi Rohmitriasih14 Okt 2019, 08:15 WIB
olahraga kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Kehamilan juga menjadi momen yang bisa membuat seseorang merasa bahagia, kagum, cemas, khawatir dan sedih di waktu yang sama.

Selama kehamilan, Mom harus lebih banyak istirahat. Selama kehamilan, Mom juga harus lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri maupun janin di kandungan. Salah sedikit dalam menjaga kesehatan tubuh dan janin, ini bisa berdampak buruk buat kehamilan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan selama kehamilan adalah dengan tetap melakukan olahraga. Namun ingat, olahraga selama kehamilan sebaiknya olahraga yang ringan seperti senam. Perlu diingat lagi, beda trimester kehamilan beda olahraga yang boleh dilakukan.

Gerakan Olahraga Saat Hamil

olahraga kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/LightField Studios

Trimester Pertama

Trimester pertama terjadi pada kehamilan minggu pertama hingga minggau ke 12. Di trimester pertama, olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah latihan pernafasan. Latihan pernafasan bisa dilakukan dengan duduk bersila atau berbaring. Poinnya adalah Mom harus merasa nyaman, relaks dan tak banyak gerak dalam melakukan olahraga ini.

Trimester Kedua

 

Trimester kedua terjadi pada kehamilan minggu ke 13 sampai minggu ke 28. Olahraga yang cocok adalah latihan dasar panggul. Olahraga ini bermanfaat membuatmu merasa lebih bugar dan sehat. Ini juga akan membantu kelancaran proses persalinan nantinya. Selain olahraga latihan dasar panggul, olahraga yang cocok selanjutnya ada jalan kaki.

Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga tepatnya di minggu ke 29 sampia 40 kehamilan, olahraga yang cocok adalah yoga, berenang dan jalan santai. Olahraga yang berfokus untuk menguatkan panggul juga diperlukan. Pada usia kehamilan trimester ketiga, janin di kandungan sudah cukup kuat. Mom perlu rutin olahraga demi dapatkan proses persalinan yang lebih lancar nantinya.

Beda usia kehamilan, beda olahraga yan diperlukan ya Mom. Jika ingin melakukan olahraga selama kehamilan, jangan segan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidah ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓