8 Penyebab Morning Sickness pada Ibu Hamil yang Sering Terjadi

Mimi Rohmitriasih14 Okt 2019, 07:45 WIB
Morning Sickness

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Momen kehamilan juga menjadi momen yang begitu ditunggu-tunggu oleh perempuan yang telah menikah.

Melansir dari laman parents.com, ada banyak perubahan yang dialami perempuan saat hamil. Perubahan tersebut mulai dari perubahan bentuk badan, perubahan mood dan masih banyak lagi. Satu hal lagi yang umum terjadi pada ibu hamil adalah morning sickness.

Morning sickness hampir dialami oleh semua perempuan selama hamil terutama di awal kehamilan.

Apa Itu Morning Sickness?

hamil
ilustrasi morning sickness/copyright Rawpixel/roungroat

Morning sickness adalah masa yang ditanda dengan perasaan mual dan muntah selama kehamilan terutama di trimester pertama. Kondisi ini akan terasa semakin parah di pagi hari. Ketika mengalami morning sickness, ibu hamil akan lebih sensitif terhadap bau, mudah mual dan muntah bahkan disertai pusing dan suasana hati yang buruk.

Tidak sedikit ibu hamil dengan kondisi morning sickness yang tidak nafsu makan sehingga harus mendapatkan perawatan khusus demi tetap mendapatkan asupan nutrisi dan gizi terbaik untuk dirinya maupun janin di kandungan. Banyak yang bilang jika morning sickness terjadi karena janin di kandungan mengalami tumbuh kembang dengan lebih baik.

 

Apa Penyebab Morning Sickness

Ilustrasi Morning Sickness, Hamil (iStockphoto)
morning sickness ini biasa terjadi pada usia kehamilan yang masih sangat muda. Atau pada trimester pertama (Ilustrasi/iStockphoto)
  1. Morning sickness bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal yang paling umum dan sering terjadi antara lain sebagai berikut.
  2. Berubahnya hormon dalam tubuh. Momen kehamilan membuat hormon tubuh mengalami banyak perubahan.
  3. Sensitiviats indera penciuman semakin tajam. Banyak aroma makanan, minuman atau hal lain yang tercium lebih menyengat buat ibu hamil.
  4. Sistem imun yang menurun juga bisa meningkatkan risiko morning sickness, mual dan muntah di trimester pertema, kedua bahkan ketiga kehamilan.
  5. Pikiran yang stres, cemas dan takut bisa meningkatkan risiko morning sickness.
  6. Morning sickness juga akan terjadi karena perubahan sistem metabolisme tubuh.
  7. Terjadinya gangguan enzim dalam tubuh bisa memperparah risiko morning sickness. Gangguan enzim bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Inilah yang membuat mual dan ingin muntah.
  8. Konsumsi makanan yang mengandung gas dan kurang kandungan vitaminnya juga bisa menyebabkan morning sickness. Selama kehamilan, Sahabat Fimela disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memang terbaik dan kaya nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Namun ingat, sebaiknya makanan ini tidak mengandung gas berlebih.

Itulah sedikit delapan penyebab morning sickness yang paling sering terjadi. Semogga informasi ini bermanfaat dan buat Sahabat Fimela yang sedang hamil, jaga kehamilan sebaik mungkin ya. Konsultasikan kehamilan dengan dokter atau bidan secara rutin.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓