Membatasi Waktu Bermain Gadget Ternyata Bisa Buat Anak Lebih Kreatif

Annissa Wulan11 Okt 2019, 12:00 WIB
Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya tidak hanya pada anak, terlalu lama terpapar oleh gadget juga bisa berakibat buruk pada siapa saja, termasuk orang dewasa. Menurut laporan American Academy of Pediatrics tentang Media Use in School-Aged Children and Adolescents, ada banyak efek buruk dari pemaparan gadget yang terlalu lama.

Terlalu lama bermain gadget telah terbukti menjadi salah satu faktor risiko obesitas dan depresi. Gadget juga dapat mempengaruhi tidur anak secara negatif, yang pada akhirnya juga berakibat pada kinerja akademik di sekolah mereka.

Ditambah lagi, menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermain gadget juga berkaitan dengan penurunan minat dalam hubungan di kehidupan nyata. Ya, selain alkohol, tembakau, dan seks, gadget termasuk ke dalam paparan perilaku berisiko tinggi pada anak, seperti dilansir dari sheknows.com, Jumat (11/10/2019).

 

Membatasi waktu bermain gadget bisa buat anak lebih kreatif

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Namun, gadget tidak selalu menghasilkan perilaku yang buruk pada anak. Cobalah memulai untuk menetapkan batasan yang jelas dan konsisten pada waktu anak untuk bermain gadget.

Ketika memiliki batasan waktu yang jelas, anak akan mulai bisa berpikir cara terbaik untuk memanfaatkan waktu tersebut guna bermain gadget. Inilah yang kemudian mempromosikan kreativitas pada anak.

Sebagai orangtua, kamu juga tidak boleh bosan untuk terus menerus memberi pemahaman tentang bermain gadget yang aman untuk anak. Selamat mencoba!A

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓