6 Tanda Orangtua Sudah Mengajarkan Kebiasaan Baik dan Benar pada Anak

Febi Anindya Kirana15 Okt 2019, 09:15 WIB
mengasuh anak

ringkasan

  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Menggunakan sabuk pengaman atau helm
  • Makan sayur dan buah
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Anak akan belajar banyak hal pertama kalinya dari orangtua di rumah. Entah itu hal baik atau buruk, orangtua punya peran penting dalam membangun kebiasaan anak. Jika penasaran apakah sudah memberi contoh baik pada anak, ini tandanya kamu telah mengajarkan kebiasaan yang baik.

1. Mencuci tangan

Anak mencuci tangan dengan sendirinya ketika ingin melakukan apa pun, terutama makan dan setelah dari toilet. Ia bahkan sering mengingatkan orangtuanya atau orang lain untuk mencuci tangan lebih dulu. Ia melakukannya secara sukarela tanpa paksaan.

2. Membuang sampah pada tempatnya

Anak terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Pembiasaan ini hanya akan ditiru anak dari keluarga di rumah. Anak tahu ia harus bertanggung jawab membuang sampah setelah ia makan sesuatu atau menggunakan sesuatu.

 

3. Menyikat gigi sebelum tidur

ibu dan anak
ilustrasi ibu dan anak bahagia/Photo by lucas souza from Pexels

Bukan hanya ketika mandi di pagi hari, ia juga terbiasa menyikat gigi sebelum tidur karena kemungkinan besar orangtuanya juga melakukan hal yang sama. Ini tanda pasti orangtua telah membangun kebiasaan yang baik.

4. Menggunakan sabuk pengaman atau helm

Ketika berkendara dengan mobil, ia akan segera memasang sabuk pengaman, dan ketika dibonceng sepeda motor ia akan menggunakan helm. Semua ini karena orangtuanya telah menyiapkan hal-hal tersebut dan membiasakan mereka untuk menjaga keselamatan berkendara.

5. Olahraga

Anak hanya akan suka olahraga jika orangtuanya mencontohkan hal yang sama. Anak-anak biasanya aktif dan suka berkegiatan, namun lebih baik lagi jika mereka sadar bahwa olahraga itu penting untuk kesehatannya dan ia sukarela melakukannya.

6. Makan sayur dan buah

Daripada makan nugget, gorengan, dan mie instan, anak lebih suka makan buah dan sayur, karena inilah yang biasa disajikan orangtuanya di rumah dan mereka tanpa paksaan memilih makanan tersebut. Meski tak suka makan sayur, paling tidak anak menunjukkan ketertarikannya makan buah, itu sudah bagus.

Nah, itu dia sekian tanda bahwa orangtua sudah menanamkan kebiasaan baik pada anak.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓