Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: Pola Pengasuhan Tepat Selamatkan Anak dari Depresi

Fimela.com, Jakarta Depresi bukan hanya gangguan kesehatan mental yang dialami orang dewasa. Depresi juga bisa dialami oleh anak-anak. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan berujung pada kesehatan mental sang anak di kemudian hari.

Anak dengan gangguan kesehatan mental akan kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ketika dihadapkan pada situasi yang tidak mengenakan, anak akan merasa kesulitan dan tidak menutup kemungkinan berujung pada keputusan bunuh diri.

Psikolog Intan Erlita ketika dihubungi Fimela.com menuturkan jika depresi anak bisa dihindari jika orangtua menerapkan pola asuh yang tepat.

"Sebetulnya ini bisa ada hubungannya dengan pola asuh dalam keluarganya, karena dengan pola asuh yang tepat anak akan mempunya karakter yang kuat saat dewasa nanti," ungkap Intan Erlita.

 

 

Anak dengan karakter kuat bisa terhindar dari depresi

Anak yang memiliki karakter kuat akan mencari solusi terbaik ketika mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Bunuh diri biasanya bukan menjadi solusi yang tidak terpikirkan oleh anak dengan karakter yang kuat.

Dukungan orangtua juga diperlukan di setiap kali anak mendapati kesulitan. Jangan sampai sang anak justru malah berlari ke orang lain dan mendapatkan dukungan yang salah ketika menemui masalah. Jika anak tidak mendapat dukungan yang tepat baik dari orangtua maupun lingkungan, maka psikolog atau psikiater menjadi solusi yang bisa dicoba.

Membuat anak lebih terbuka dengan orangtua juga menjadi poin penting. Sehingga orangtua bisa memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh sang anak. Termasuk dukungan moral ketika anak dihadapkan pada masalah.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading