MoneySmart Parent, Panduan Orangtua Baru dalam Merencanakan Keuangan

Anisha Saktian Putri18 Okt 2019, 09:00 WIB
Peluncuran buku MoneySmart Parent

Fimela.com, Jakarta "Banyak anak banyak rezeki", ungkapan ini tentu sering kita dengar. Padahal, di era modern seperti saat ini merencanakan keuangan sebelum kehamilan sangat penting.

Prita Hapsari Ghozie, Financial Planner mengatakan sebelum hamil saja kita sudah membutuhkan uang. Mulai dari membeli testpack. Apalagi sudah hamil, butuh USG atau nutrisi selama kehamilan.

"Biaya pemeriksaan awal, test laboraturim, biaya lainnya yang tak terduga. Hingga saat melahikan pasti membutuhkan biaya, inilah mengapa pentingnya perencanaan keuangan," ujar Prita dalam peluncuran buku "MoneySmart Parent", di Jakarta.

Pengelolaan keuangan juga sangat penting pun dirasakan oleh Nadia Mulya, public figure sekaligus ibu dari empat anak. Melihat penting perencanaan keuangan tersebut, Prita dan Nadia pun membuat sebuah buku panduan praktis perencanaan keuangan orang tua baru, "MoneySmart Parent'.

"Buku ini tentang perencanaan keuangan bagi yag baru mendapati dirinya hamil, pasangan baru menikah sampai punya anak yang kesekian kalinya. Perencanaan keuangan pasti perlu," ujar Nadia

 

Tujuh bab

Buku MoneySmart Parent/Instagram @Nadiamulya
Buku MoneySmart Parent/Instagram @Nadiamulya

Buku yang tidak hanya membahas mengenai financial planning, buku ini juga memuat berbagai informasi seputar kehamilan, melahirkan, dan parenting.

Terdapat tujuh bab yang mengupas segala hal berkaitan dengan gaya hidup dan perencaan keuangan keluarga, diantaranya.

1. Getting The Burn in The Oven

Membahas tentang program kehamilan, inseminasi, hingga IVF yang membutuhkan kesiapan mental dan dana. Bab ini menjabarkan berbagai biaya menuju hamil serta sumber pembiayaan.

2. Check Baby Check

Membahas biaya jadwal kontrol ke dokter, vitamin, periksa USG, periksa darah, dan kesehatan ibu dan janin.

3. Nesting

Mempersiapakan segala kebutuhan untuk si kecil. List barang untuk anak secara hemat.

4. Time to push

Bab ini memberikan refrensi harga metode persalinan berbeda dari beberapa lokasi yang berbeda pula, serta checklist apa yang diperlukan sebelum dan sesudah melahirkan.

5. Life After Baby

Membahas tentang perencanaan setelah bayi lahir.

6. Shots, Dots, Diapers

Membahas kebutuhan utama bayi pada tahun-tahun pertama kehidupannya.

7. Education For A Better Generation

Di bab ini mulailah membahas soal biaya pendidikan.

Tertarik mengetahui secara lengkap tentang perencanaan keuangan keluarga? Buku ini bisa dibeli dengan harga Rp. 78.000,00 saja lho.

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓