Studi Menemukan, Anak yang Sering Dapat Pelukan Punya Otak Lebih Cerdas!

Febi Anindya Kirana18 Okt 2019, 17:45 WIB
pelukan

Fimela.com, Jakarta Kasih sayang orangtua kepada anak sepertinya memang tak bisa diabaikan. Bukan hanya bisa memberi pengaruh terhadap kesehatan mental anak tapi juga kesehatan otak dan tingkat kecerdasannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan Weizmann Institute of Science dan diterbitkan dalam jurnal Developmental Cell menemukan bahwa sentuhan atau pelukan yang diberikan ibu mampu memberikan respon kimia yang mengindikasikan adanya perkembangan baik pada otak bayi.

 

Pelukan Membuat Otak Anak Berkembang

ibu dan anak
ilustrasi ibu dan anak bahagia/Photo by Xavier Mouton Photographie on Unsplash

Pelukan yang diberikan orangtua merangsang pelepasan "hormon cinta" atau oksitosin pada otak bayi sehingga memberikan manfaat mengembangkan struktur otak. Sentuhan kasih sayang ini juga membantu membuat jantung bayi rileks dan meningkatkan kinerja metabolisme makanan pada anak.

Penelitian lain dari Stanford’s Medicine dan diterbitkan dalam jurnal kesehatan Neonatology mengungkapkan bahwa sentuhan kulit ke kulit dari ibu ke bayi di satu jam pertama setelah melahirkan membantu regulasi suhu tubuh bayi, detak jantung, mengatur pernapasan dan meredakan tangisnya.

Jadi, jangan sepelekan pelukan pada bayi dan anak ya Moms, karena ternyata pelukan sayang bisa membuat otaknya berkembang dengan baik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓