5 Hal yang Menyebabkan Anak Rentan Alergi

Mimi Rohmitriasih22 Okt 2019, 14:45 WIB
anak sakit

Fimela.com, Jakarta Beberapa penelitian menyebutkan jika anak-anak adalah pribadi yang rentan terhadap alergi. Alergi paling umum yang diderita anak adalah alergi pernafasan dan alergi terhadap makanan.

Studi yang dilakukan oleh para ahli di University of Naples Federico II baru-baru ini menyebutkan jika alergi pada anak mengalami peningkatkan drastis dari tahun ke tahun. Kebanyakan alergi disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan oleh anak. Namun, selain konsumsi junk food ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan anak alergi.

Melansir dari laman parents.com, inilah beberapa hal yang menyebabkan anak rentan menderita alergi.

Penyebab Anak Alergi

anak sakit
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Eakphum

Terlalu Bersih

Memberikan sabun antibakteri atau pembersih tangan ke anak untuk cuci tangan memang baik. Namun, jika hal ini diberikan terlalu sering ini bisa meningkatkan risiko alergi. Pemberian sabun antibakteri terlalu sering bisa menurunkan kekebalan tubuh anak dan membuatnya kurang toleran terhadap patogen (zat penyebab penyakit).

Waktu Mengenalkan Makanan Terlambat

Terlambat mengenalkan makanan ke anak juga bisa meningkatkan alergi. Keterlambatan ini biasanya mencakup pengenalan terhadap kacang-kacangan dan telur serta sumber protein lainnya.

Gen dan Lingkungan

Faktor gen dan lingkungan juga berperan penting dalam menentukan anak rentan alergi atau tidak. Pola makan yang kurang sehat dari Mom selama hamil bisa membuat janin rentan alergi selama masih di kandungan atau pun setelah lahir.

Perubahan Iklim

Penyebab alergi pada anak selanjutnya ada perubahan iklim. Perubahan iklim berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh yang mengarah pada peningkatan risiko alergi makanan atau lainnya.

Penggunaan Obat Tertentu atau Antibiotik

Para ahli mengungkapkan jika penggunaan obat tertentu atau antibiotik terlalu dini ke anak bisa meningkatkan risiko anak alergi. Beberapa jenis obat dipercaya bisa memengaruhi pH lambung dan cara usus mencerna makanan sehingga risiko alergi lebih rentan atau meningkat.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan anak rentan alergi. Semoga informasi ini bermanfaat.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓