Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: 3 Kunci Sukses Pola Asuh Penuh Perhatian

Fimela.com, Jakarta Perhatian orangtua adalah hal utama dalam pola pengasuh anak. Ada beberapa faktor yang membuat pola pengasuhan penuh perhatian ini berjalan lancar.

Dilansir dari healthline, ada tiga kunci utama yang perlu diperhatikan dalam pola pengasuhan ini:

1. Kesadaran dan perhatiaan pada saat sekarang

2. pemahaman perlikaku

3. Sikap-tidak menghakimi, penyayang, menerima, dan menjadi pendengar yang baik.

Untuk menjabarkannya lebih jauh, sebagian besar ide pengasuhan anak yang penuh perhatian melibatkan keterampilan ini:

Mendengarkan

Ini berarti benar-benar mendengarkan dan mengamati dengan perhatian penuh. Ini bisa membutuhkan banyak kesabaran dan latihan.

Tidak menghakimi

Penghakiman juga melibatkan melepaskan harapan yang tidak realistis dari anak. Dan, pada akhirnya, penerimaan “apa adanya” itulah tujuannya.

Kesadaran emosional

Membawa kesadaran untuk interaksi pengasuhan meluas dari orangtua ke anak dan kembali. Mencontoh kesadaran emosional adalah kunci untuk mengajarkan anak melakukan hal yang sama. Selalu ada emosi yang memengaruhi situasi, apakah itu sudah lama terbentuk atau lebih cepat berlalu.

Regulasi diri

Ini berarti tidak membiarkan emosi memicu reaksi langsung, seperti berteriak atau perilaku otomatis lainnya. Singkatnya: Berpikir sebelum bertindak untuk menghindari reaksi berlebihan.

Kasih sayang

Sekali lagi, orangtua mungkin tidak setuju dengan tindakan atau pikiran anak, tetapi pengasuhan yang penuh perhatian mendorong orangtua untuk memiliki belas kasihan. Ini melibatkan bersikap empati dan memahami posisi anak saat ini. Belas kasih juga meluas kepada orang tua, karena pada akhirnya akan ada lebih sedikit menyalahkan diri sendiri jika situasi tidak berubah seperti yang diharapkan.

Simak video berikut

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading