Happy Family Day Bareng HP | Fimela, Talkshow Seru Ajarkan Kreativitas Pada Anak

Wuri Anggarini28 Okt 2019, 19:19 WIB
Happy Family Day Bareng HP  Fimelahood, Talkshow Seru Ajarkan Kreativitas Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau event yang digelar Fimela.com secara rutin memang selalu memberikan inspirasi tersendiri untuk para perempuan Indonesia. Banyak tips yang dibagikan, nggak hanya tentang fashion dan beauty saja, tapi ada juga pembahasan tentang rasa percaya diri dan self-esteem.

Nah, kali ini tema keluarga yang menjadi pembahasan dalam gelaran Family Day HP | Fimela yang digelar pada Minggu (27/10/2019) lalu. Ada banyak tips inspiratif buat para orangtua untuk meningkatkan kreativitas anak di era digital. Penasaran dengan keseruan dan informasi pentingnya?

Munculnya Rasa Khawatir Orangtua Tentang Tumbuh Kembang Anak

Menurut hasil riset, 85% orangtua di Indonesia memiliki kekhawatiran jika anak-anak mereka tidak dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi masa depan. Inilah yang kemudian menjadi latar belakang HP Inc menyelenggarakan HP Family Day bersama Fimelahood. Mengusung tema Creative Family Learning Through Print, ada 33 keluarga yang terlibat dalam kegiatan inspiratif tersebut.

Happy Family Day Bareng HP | Fimelahood, Talkshow Seru Ajarkan Kreativitas Pada Anak
©Fimela

Rangkaian Kegiatan Seru yang Bikin Anak Makin Kreatif

Ada serangkaian kegiatan seru yang bikin hari Minggu jadi lebih ceria di Family Day HP | Fimela. Yang pertama adalah talkshow dengan menghadirkan Mona Ratuliu serta Psikolog Keluarga dan Anak, Ditha Rachman. Selain itu, acara juga dibuat makin seru lagi dengan aktivitas bikin kalender do it yourself dan bingkai pop up bersama orangtua.

Gelaran ini bertujuan untuk mengedukasi orangtua di Indonesia tentang pentingnya pembelajaran cetak dan digital untuk membekali anak dengan keterampilan dan kesiapan yang diperlukan di masa depan. HP melihat pentingnya penggunaan bahan ajar cetak dan metode pembelajaran digital secara bersamaan untuk semakin meningkatkan kegiatan belajar anak. Hal ini diungkapkan oleh Hendry Widjaja, Indonesia Chief Operating Officer HP Inc.

 

Happy Family Day Bareng HP | Fimelahood, Talkshow Seru Ajarkan Kreativitas Pada Anak
©Fimela

“Dari hal itu kami menyelenggarakan acara Family Day HP | Fimela, untuk memberikan contoh dan edukasi pentingnya memadukan metode pembelajaran elektronik dan cetak demi menghasilkan pendidikan yang optimal,” tutur Hendry Widjaja.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa 87% orangtua percaya bahwa kegiatan belajar merupakan waktu terbaik untuk mempererat ikatan orangtua dan anak. Hal ini diungkapkan oleh Psikolog Keluarga dan Anak, Ditha Rachman, yang juga menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dapat mengembangkan keterampilan interpersonal anak-anak.

“Orangtua memiliki peran penting dalam pembentukan pendidikan anak. Hal ini karena pola pikir mereka memiliki dampak yang besar kepada anak-anak,” tutur Ditha Rachman.

Jadi, peran orangtua memang penting dalam membentuk keterampilan anak, terlebih dengan menghabiskan waktu belajar bersama di era digital.

 

Happy Family Day Bareng HP | Fimelahood, Talkshow Seru Ajarkan Kreativitas Pada Anak
©Fimela

“Para orangtua harus memanfaatkan teknologi untuk proses pendidikan dan pembelajaran anak-anak. Penggunaan materi pendidikan cetak saat belajar merupakan salah satu cara bagi orangtua untuk menjalin ikatan yang kuat. Serta mendorong kreativitas anak, sambil meningkatkan daya pikir dan juga pengetahuan,” tambahnya.

Perspektif Orangtua dari Mona Ratuliu

Mona Ratuliu juga ikut memeriahkan acara Family Day HP | Fimela. Aktris yang juga ibu dari 2 orang anak ini mengapresiasi gelaran tersebut karena dinilai dapat memberikan bekal pengetahuan kepada orangtua agar memberikan waktu terbaik untuk anaknya. “Saya berharap orangtua yang hadir ke acara ini bisa mendapatkan bekal pengetahuan untuk mendidik anak dan bisa diterapkan di rumah,” tutur Mona.

Dari sudut pandangnya sebagai seorang ibu, setiap orangtua harus memiliki strategi khusus agar anak lebih kreatif. Ia juga mengungkapkan bahwa hal ini menuntut effort yang lebih, disiplin, dan ide kreatif orangtua untuk memberikan aktivitas yang menarik untuk anak-anaknya. Misalnya aja ketika buah hatinya sedang bete atau moody, Mona Ratuliu bakal mengajak si kecil buat jalan-jalan, ngobrol, dan melakukan kegiatan bersama.

“Salah satu cara dan strateginya ialah memadukan dunia digital dengan printing ke anak. Jadi mereka bisa bermain sembari belajar. Pada saat yang sama, saya ingin berbagi banyak momen berharga bersama mereka. Dalam era digital ini, saya ingin sepenuhnya menerapkan teknologi dalam proses belajar mereka. Namun, saya percaya anak juga perlu merasakan dan melihat suatu hal secara langsung agar dapat sepenuhnya memahami. Itulah sebabnya saya biasanya menyiapkan materi pendidikan cetak bagi mereka, terutama saat membantu menyelesaikan tugas sekolah atau kegiatan rumah," lanjutnya kemudian.

Bicara printer, menurut Mona memilih printer yang ramah bagi keluarga itu penting banget, Sahabat Fimela. Tujuannya agar semua kebutuhan setiap anggota keluarga bisa terpenuhi dengan maksimal, tak terkecuali dalam mendukung tumbuh kembang kreativitas anak. Tak perlu bingung karena kriteria tersebut dapat diperoleh dari beragam varian yang ditawarkan oleh printer HP.

 

Happy Family Day Bareng HP | Fimelahood, Talkshow Seru Ajarkan Kreativitas Pada Anak
©Fimela

“Tetapi dalam menerapkannya, perlu didampingi oleh orangtua,” imbuh Mona.

Wah, ada banyak hal inspiratif yang bisa diperoleh dalam HP Family Day bareng Fimela ini ya, Sahabat Fimela. Ketinggalan keseruannya? Makanya, stay tune terus di Fimela.com untuk mendapatkan informasi event Fimela lainnya!