FIMELA FEST 2019: Bullying Pada Anak Bisa Meningkatkan Risiko Depresi

Mimi Rohmitriasih04 Nov 2019, 15:15 WIB
Anak Depresi

Fimela.com, Jakarta Bullying menjadi hal yang sangat tidak diinginkan oleh siapa saja baik oleh orangtua pun anak-anak. Dampak bullying sangatlah mengerikan di mana seseorang bisa stres, hilang rasa percaya diri bahkan depresi yang mendorong seseorang untuk bunuh diri.

Mengenai perilaku bullying, setiap orangtua tentu tidak ingin buah hatinya menjadi korban bullying baik di rumah, di sekolah atau di mana pun itu. Selain tak ingin anaknya menjadi korban bully, orangtua juga tak pernah ingin anaknya menjadi pelaku bullying terhadap teman-teman atau siapapun orang di sekitarnya.

Sejauh ini, orangtua memiliki peran terpenting untuk membentuk pola pikir, perilaku dan kepribadian anak. Orangtua juga memiliki peran penting untuk mencegah anak menjadi korban bully pun pelaku bully. Para ahli mengungkapkan jika dampak dari bullying pada anak sangat mengerikan.

Perilaku Bullying Meningkatkan Risiko Anak Depresi

Anak Depresi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melansir dari laman parents.com, dampak dari bullying adalah anak bisa kehilangan rasa percaya diri, anak jadi minder, anak kehilangan fokus, anak kehilangan hobinya dan anak kehilangan rasa percaya pada orang-orang di sekitarnya. Yang lebih parah, dampak bullying adalah anak bisa mengalami stres bahkan depresi berat yang mengancam jiwanya.

Mengingat perilaku bullying dampaknya sangat mengerikan, orangtua harus pandai-pandai mengajak anak untuk jadi pribadi yang mandiri dan penuh percaya diri. Orangtua juga harus pandai-pandai mengajarkan anak bagaimana ia harus mencintai dirinya sendiri sebaik mungkin.

Anak di era modern seperti sekarang ini juga sangat identik dan dekat dengan produk digital. Penelitian yang dilakukan oleh Family Online Safety Institute (FOSI) dan Hart Reseacrh dengan judul Parenting in the Digital Age menemukan jika hampir 92% anak memiliki gadget, komputer atau alat teknologi yang memungkinkannya terhubung ke internet secara mudah. Karena itu, orangtua penting mengawasi anak-anak dengan sebaik mungkin untuk meminimalisir penyalahgunaan gadget.

Tanpa kita sadari, perilaku bullying di era modern seperti sekarang ini juga banyak terjadi di dunia maya. Jadi penting bagi kita untuk mencegah bullying ini baik di dunia nyata atau di dunia maya.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓