Terlalu Banyak Minum Kopi Selama Hamil Bisa Rusak Liver Bayi

Febi Anindya Kirana05 Nov 2019, 13:43 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kopi mungkin menjadi minuman yang akan selalu miliki banyak kontroversi dalam kesehatan. Untuk beberapa hal, kopi memiliki manfaat dan untuk beberapa hal lainnya memiliki efek samping yang merugikan, apalagi untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kopi tak baik untuk ibu hamil, termasuk penelitian baru-baru ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology atau Society for Endocrinology menemukan bahwa terlalu banyak minum kopi dengan kafein tinggi mampu meningkatkan risiko kerusakan hati pada bayi.

Kafein Meningkatkan Risiko Penyakit Hati

kopi
ilustrasi kopi/Photo by Chevanon Photography from Pexels

Penelitian ini menyebutkan bahwa konsumsi kafein setara dengan 2-3 cangkir kopi per hari dapat mengubah respon terhadap stres dan mengganggu hormon pertumbuhan. Memiliki kandungan kafein terlalu banyak di dalam tubuh selama hamil dan menyusui dapat mengganggu perkembangan hati (liver) bayi dan meningkatkan risiko penyakit hati di masa dewasa.

Meski demikian, penelitian ini masih perlu dikembangkan lebih banyak lagi karena penelitian masih dilakukan terhadap tikus-tikus hamil. Untuk mencegah risiko kesehatan apa pun, memang sebaiknya menghindari minum kopi dulu selama hamil dan menyusui ya Moms.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓