Fimela Fest 2019: Mengetahui Lebih Dalam Pola Asuh Peaceful Parenting

Anisha Saktian Putri07 Nov 2019, 18:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi parenting

Fimela.com, Jakarta Mempersiapkan anak di era modern memang diawali dengan bagaimana pola asuh yang kita terapakan. Ada banyak gaya asuk yang bisa diterapakan, yang terpopuler kini ialah peaceful parenting.

Dilansir dari healthline.com, peaceful parenting merukana filosofi yang dikembangakan Laura Markham, PhD, psikolog klinis dan penulis blog populer Aha! Parenting.

Singkatnya, konsep pengasuhannya yang damai dibagi menjadi tiga gagasan utama, diantaranya, mengatur emosi sebagai orang tua, menghubungkan dengan anak-anak, dan pembinaan alih-alih mengendalikan.

Pola asuh yang damai dan menyeluruh adalah fokus utama. Selain, itu orangtua juga dapat meluangkan waktu untuk mengenali dan menghormati emosi sendiri dan pengalaman atau trauma sebelumnya yang mungkin memengaruhi cara orangtua merespon anak-anak di saat-saat sulit.

Tujuan

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

Tujuannya adalah untuk meningkatkan perilaku dari dalam ke luar dan membangun ikatan orangtua-anak yang kuat. Serta memberi anak-anak alat yang mereka butuhkan untuk mengenali emosi mereka sendiri, dan sebagai akibatnya, membuat pilihan bijak saat mereka tumbuh.

Cara mengatur emosi untuk orangtua

Pertama, orangtua yang tenang melihat ke dalam pada emosi dan subjektivitas mereka sendiri yang mungkin mewarnai respon terhadap situasi pengasuhan yang berbeda.

Mengatur emosi berarti mengambil napas dalam-dalam dan mendekonstruksi situasi yang ada. Apakah mereka lapar? Bosan? Apa pun masalahnya, pertimbangkan emosi dan lingkunganmu sendiri sebelum emosi berlebih.

Markham berbicara banyak tentang kemarahan menjadi emosi sekunder dari rasa takut. Tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang saya takutkan?" Jawabannya mungkin tidak selalu jelas. Atau mungkin tidak mudah dihadapi, tergantung situasinya.

Mengatur emosi menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dalam mengatur emosi mereka. Namun, bahkan setelah menyimpan perasaan batinmu, setelah penuh perhatian, masih bisa merasakan kemarahan dan membagikannya. Perbedaannya adalah bahwa orangtua mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri daripada langsung bereaksi.

Ingin tahu lebih banyak tentang cara mendidik anak yang tepat di era modern ini?

Jangan lewatkan talkshow “Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern” bersama Melly Amaya Kiong di Gandaria City, pada hari Minggu (17/11/2019) mendatang. Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Simak video berikut

#growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓