Menyikapi Anak yang Berkata Kasar, Coba Lakukan Hal Ini

Endah Wijayanti07 Nov 2019, 13:15 WIB
anak berkata kasar

Fimela.com, Jakarta Saat anak mulai berkata kasar, sebagai orangtua kita mungkin akan langsung marah. Emosi kita langsung terpancing dan sulit untuk mengendalikan keadaan. Berbagai cara bisa kita coba untuk menyikapi anak yang berkata kasar. Salah satunya adalah cara yang berikut ini.

Kita bisa bersikap masa bodoh. Dilansir dari positiveparentingsolutions.com, saat anak mulai drama dan berkata kasar, kita bisa memilih untuk tidak langsung meresponsnya. Sampaikan respons, "Kamu tak boleh berkata pada ibumu seperti ini," dan semacamnya. Anak-anak berkata kasar atau membantah kadangkala untuk membuat kita marah dan terpancing, jadi jangan buat mereka puas.

Saat anak sudah bisa diajak bicara, sampaikan, "Ibu sedih saat kamu bicara seperti itu. Saat mendengar suaramu begitu, Ibu ingin pergi saja. Kita akan bicara lagi saat kamu sudah lebih tenang." Setelah itu, kita bisa menjauh darinya untuk beberapa saat.

Jika anak masih saja terus mengulangi kebiasaan berkata kasarnya, kita bisa langsung menjauh dan meninggalkannya. Dengan cara ini, kita menyampaikan pesan bahwa kita tak ingin bermasalah dengannya. Saat anak menyadari bahwa tak ada yang ia "lawan", maka ia pun tak akan makin rewel dan drama.

Memang tak mudah menyikapi anak yang berkata kasar. Ada anak yang melakukannya semata-mata untuk mencari perhatian. Ada juga yang melakukannya karena merasa tak pernah diperhatikan. Kita perlu lebih jeli mencari tahu penyebabnya untuk bisa menemukan solusi terbaiknya. Semoga tips ini membantu, ya.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA