Posisikan Tubuh Seperti Ini agar Anak Mau Mendengar Kita

Endah Wijayanti07 Nov 2019, 14:15 WIB
komunikasi nonverbal dengan anak

Fimela.com, Jakarta Sering kesal dengan anak yang tak mau mendengar kata-kata kita? Setiap kali diberi arahan atau dinasihati, selalu saja berlagak cuek. Bila sudah begini, rasanya kita benar-benar kesal ya.

Jangan keburu marah atau kesal saat anak tak mau mendengar kita. Kendalikan diri dan cobalah untuk menenangkan diri. Ada satu tips yang bisa dicoba untuk membuat anak mau mendengar kita.

 

 

Kontak Mata Sejajar

agar anak tidak manja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Dilansir dari positiveparentingsolutions.com, untuk mendapatkan perhatiaan anak kita perlu melakukan kontak mata. Posisikan diri dengan mata sejajar dengan mata anak. Kita bisa berjongkok untuk mendapat kontak mata yang sejajar. Saat kita merendahkan tubuh kita dan menatap matanya, selain untuk memastikan kita mendapatkan perhatian anak, kita juga bisa memperkuat komunikasi kita dengannya.

Dengan posisi mata yang sejajar dengan anak, kita bisa mendapatkan perhatiannya sepenuhnya. Anak pun akan merasa dirinya sedang dibutuhkan dan diperhatikan, sehingga ia akan dengan lebih mudah mendengar ucapan atau hal yang akan kita sampaikan padanya.

Satu hal penting lagi yang perlu diingat adalah kita jangan ikut terbawa drama. Tak perlu langsung marah-marah saat anak tampak cuek dan tak mau mendengarkan kita. Untuk membangun komunikasi yang baik dengan buah hati, perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓