4 Tips Menumbuhkan Keberanian Anak, Bisa Mulai Dicoba Sekarang

Endah Wijayanti07 Nov 2019, 14:45 WIB
menumbuhkan keberanian anak

Fimela.com, Jakarta Tak ada orangtua yang ingin hidup anaknya kesulitan atau bermasalah. Kita ingin memberi kehidupan yang nyaman dan baik untuk anak. Hanya saja kita juga perlu mempersiapkan anak untuk bisa menjadi pribadi yang berani sehingga bisa menjalani hidupnya sebaik-baiknya.

Untuk menumbuhkan keberanian anak, kita perlu membantunya. Kita bisa membantu dan mendampingi anak untuk lebih berani menghadapi kehidupan yang dijalaninya. Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membantu anak lebih berani dalam hidupnya.

1. Izinkan Anak Melakukan Sesuatu dengan Kemampuannya

Dilansir dari life.spartan.com, Annabella Hagen, seorang psikolog dan pemilik Mindset Family Therapy di Utah menjelaskan, "Menemukan solusi sendiri adalah satu-satunya cara anak bisa berkembang sendiri, tumbuh, dan dewasa." Jika orangtua selalu membantu atau meringankan tantangan yang sedang dihadapi anak, maka anak akan kesulitan memahami kemampuan dirinya. Izinkan anak melakukan sesuatu yang kita yakini dia bisa melakukannya, maka anak akan menunjukkan kehebatannya.

2. Mencari Solusi Bersama

"Diskusikan sebuah masalah baru yang dapat dibagi dengan anak dan utarakan cara positif kita mengatasinya meski itu sulit untuk kita," papar Hagen, penulis buku Emma's Worry Clouds. Saat anak melihat orangtuanya sedang memiliki masalah tapi berusaha untuk mencari solusi terbaik atas masalah itu, maka anak akan memiliki keberanian untuk mengatasi masalah yang mungkin akan dihadapi dalam hidupnya.

 

3. Beri Kesempatan Anak untuk Mengambil Risiko

Anak Manja
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Beri kesempatan pada anak untuk melakukan sesuatu yang mengandung risiko. Tentu saja kita tetap perlu mengawasi dan mendampinginya. Bantu anak untuk melakukan sesuatu yang menantang keberaniannya. Dari sini, anak pun akan belajar untuk menyadari kemampuannya dan menjadi lebih berani.

4. Dukung Anak Melakukan Hal Baru untuk Pertama Kalinya

Menumbuhkan keberanian anak memang butuh waktu. Itu adalah bagian dari proses tumbuh kembangnya. Kita bisa bantu anak dan mendukungnya untuk melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya. Keluar dari zona nyaman untuk mencoba sesuatu yang baru demi memperkaya pengalaman dan meningkatkan keberaniannya.

Empat tips di atas bisa mulai dicoba sekarang. Ikuti prosesnya dan syukuri setiap pencapaian yang dilakukan. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kita untuk menumbuhkan keberanian anak dengan lebih optimal.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓