Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: Menumbuhkan Kebaikan Hati dalam Diri Anak Lewat Mindful Parenting

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak untuk menjadi sukses merupakan tujuan dari setiap orangtua. Namun, mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik hati dan selalu bersyukur dengan apa yang mereka miliki merupakan sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Sebagai orangtua, tulis Huffington Post, menumbuhkan rasa kasih sayang kepada orang lain memang harus dimulai sejak dini. 

 

Tetapi, ketika kamu melihat anaka-anak bermain, adegan saling menyalahi dan rebutan mainan atau tempat main sudah menjadi hal yang biasa. Tanpa sadar, kadang orangtua menginginkan anaknya bahagia, dengan cara membiarkan anak-anak berlaku curang, atau mengambil paksa mainan anak lain di sekitar. 

Sayangnya, pendidikan model ini akan membuat anak kekurangan empati terhadap orang lain. Mother.ly menulis, hal ini bisa saja memicu bullying dan perilaku kasar terhadap binatang, tanaman, dan orang lain, seiring dengan pertumbuhan mereka. Lantas, bagaimana caranya menumbuhkan rasa empati dan sifat baik hati terhadap anak sejak dini dengan cara mindful parenting?

Ajarkan untuk Berbagi

Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti berbagi makanan dengan saudara dan orangtua, atau bekal makan dengan teman-teman di sekolah. Menumbuhkan sifat berbagi juga termasuk ketika sedang bermain. Ajarkan anak mengenai barang pribadi yang tidak boleh dipinjam orang lain, dan barang umum yang harus dia gunakan secara bergantian dengan teman, kakak, atau adik. 

Kasih Sayang

Meski konsep kasih sayang masih cukup abstrak bagi anak-anak di bawah usia 5 tahun, namun orangtua dapat mencontohkannya dengan cara sikap yang hangat di antara anggota keluarga. Sentuhan fisik yang menunjukkan kasih sayang seperti pelukan, mengelus, dan juga mencium pipi atau dahi juga bisa diajarkan kepada anak sebagai bentuk ungkapan rasa sayang kepada anggota keluarga. 

Bukan hanya kepada manusia lain, kasih sayang juga harus ditanamkan terhadap binatang dan alam.

Ajarkan untuk Memberi

Anak-anak tentu saja akan meniru dari orangtua, anggota keluarga, dan teman-teman yang ada dilingkungannya. Karena itu, penting sekali untuk menjadi role model bagi anak. 

Untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati, ajarkan juga untuk memberi bantuan kepada orang lain. Mulailah dengan meminta bantuan kepada anak mengenai pekerjaan yang ringan. Misalnya meminta tolong anak untuk menyusun bantal di kasur. Atau melipat selimutnya sendiri. Selain mengajari empati, hal ini juga akan mengajarkan tanggung jawab kepada anak. 

***

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Saksikan talkshow Mindful Parenting: “Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern” bersama Melly Amaya Kiong. Yuk, daftarkan dirimu di sini!  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading