FIMELA FEST 2019: 5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Anak Ketika Musim Hujan

Anisha Saktian Putri12 Nov 2019, 09:00 WIB
anak sakit

Fimela.com, Jakarta Memastikan bayi sehat apalagi saat musim hujan memang perlu menjadi perhatian khusus orangtua. Seperti kita tahu, musim ini sangat berisiko si kecil terkena penyakit, apalagi bagi bayi yang baru lahir.

Bayi yang baru lahir lebih rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang, dengan kata lain masih butuh adaptasi dengan lingkungan.

Untuk itu, berikut langkah-langkah yang bisa orangtua lakukan untuk mencegah anak terserang penyakit selama musim hujan, dilansir timesofindia, Sabtu (9/11/2019).

1. Jaga agar bayi tetap kering

Pakaian biasanya dingin dan lembab setelah dicuci, inilah yang menyebabkan bayi terserang deman atau pilek. Jadi pastikan untuk mengenangkan pakaian hangat dan kering.

Jadi tak ada salah untuk menggunakan pakaian anak berlapis-lapis, saat musim huja. Pilihlah kain katun untuk pakaian dan hindari pakaian sintesis karena menyebabkan ruam.

2. Pertahankan kebersihan

Kuman akan selalu ada di sekitar kita, apalagi saat musim hujan akan ada serangga seperti lalat dan nyamuk berkembang biak dan menyebarkan kuman. Untuk itu, kita harus selalu menjaga kebersihakn, siapkan tisu basah. Pastikan memandikan bayi setiap hari, cuci pakaian dalam desinfektan yang aman untuk bayi.

Konsultasikan dengan dokter tentang sabun yang cocok dengan bayi. Lihat selalu apakah popok si kecil menyebabkan ruam, dan ganti popok secara teratur. Gunakan juga kelambu agar nyamuk tak mudah menggigir si kecil.

3. Cegah kemungkinan flu

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

Hindari membawa bayi ke luar rumah dalam waktu lama, terutama saat hujan. Perubahan kelembaban dan suhu dapat membuat bayi sakit karena sistem kekebalannya tidak terlalu kuat. Dan jika keluar, pastikan bayi menggunakan pakaian dengan benar dan tetap kering.

4. Periksa alergi

Beberapa bayi alergi terhadap serbuk sari dan alergen tertentu. Pastikan bay dijauhkan dari ini selama hujan. Jika melihat ruam, kemerahan, atau gejala lainnya, segera konsultasikan dengan dokter dan memeriksanya.

5. Pemeriksaan pra-musim

Biasakan untuk memeriksa rumah dan mempersiapkannya untuk musim yang akan datang. Periksa pintu dan jendela, apakah ada kebocoran, kelembaban, dan masalah lain yang mungkin terjadi selama ini. Juga, periksa sudut-sudut rumah dan bersihkan mereka dari jamur atau jamur yang mungkin tumbuh di sana.

Ingin tahu lebih banyak tentang menjaga kesehatan di musim hujan ini? Jangan lewatkan Kelas Mempersiapkan Kesehatan Anak Menghadapi Musim Hujan bersama Dr Caessar Pronocitro Sp.A dan Ussy Sulistiawati di Gandaria City pada hari Minggu (17/11/2019).

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019!

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓