15 Cara Menghilangkan Biang Keringat yang Membekas di Wajah Bayi secara Alami dan Cepat

Fimela Editor12 Nov 2019, 05:45 WIB
bayi

Fimela.com, Jakarta Biang keringat adalah ruam kecil berwarna kemerahan yang menonjol dan terasa gatal, kadangkala menyebabkan rasa menyengat pada kulit. Biang keringat bisa muncul pada kulit bayi maupun orang dewasa, baik pada wajah ataupun bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung, dada maupun paha.

Pada bayi, biang keringat seringkali muncul di daerah lipatan, seperti leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, maupun perut. Namun bagaimana jika biang keringat muncul dan membekas di wajah? Yuk, simak cara menghilangkan biang keringat berikut ini.

Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Kamar bayi
Kamar bayi (Foto: Unsplash.com)

Biang keringat pada bayi umumnya muncul saat udara terasa panas dan lembap. Agar tidak bertambah parah, berikut kami bagikan tips cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

Tempatkan bayi di ruang yang sejuk

Menenmpatkan bayi pada ruang yang sejuk bisa menjadi salah satu cara menghilangkan biang keringat pada bayi. Tempatkan bayi pada ruangan teduh yang tidak terpapar matahari secara langsung, bisa juga menempatkan bayi pada ruangan yang dilengkapi kipas angin atau pendingin udara.

Longgarkan pakaian bayi

Salah satu cara menghilangkan biang keringat pada bayi yakni dengan melonggarkan pakaian yang dikenakannya. Bisa juga dengan membuka seluruh pakaian bayi, dan menempatkan bayi di atas handuk yang menyerap keringat.

Jangan lupa mengelap tubuh bayi dengan kain katun basah yang sejuk.

Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah

Ilustrasi bayi mandi
Ilustrasi memandikan bayi (foto: shutterstock)

Biang keringat yang muncul di wajah bisa menyebabkan rasa tidak percaya diri. Untuk itu, kami rekomendasikan cara menghilangkan biang keringat di wajah.

Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin bisa dijadikan cara menghilangkan biang keringat di wajah. Saat mandi dengan air dingin, gunakan sabun berbahan lembut, hindari mengeringkan kulit dengan handuk.

Kompres dengan air dingin

Salah satu cara menghilangkan biang keringat di wajah yakni dengan mengompres wajah dengan air dingin. Gunakan kain atau handuk lembut untuk mengompres kira-kira 20 menit.

Gunakan salep

Cara menghilangkan biang keringat di wajah bisa juga dengan penggunaan salep atau obat yang mengandung hidrokortison, triamcinolone, atau antihistamin. Kandungan tersebut akan meredakan rasa gatal yang ditimbulkan biang keringat.

Minyak jarak

Minyak jarak bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan biang keringat di wajah, karena minyak jarak minyak jarak dipercaya mampu mengatasi banyak masalah kulit.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan 1/2 sdt minyak jarak pada kulit yang mengalami biang keringat, oleskan dengan memberi pijatn lembut dengan gerakan melingkar.

Cara Menghilangkan Biang Keringat secara Alami dan Cepat

mentimun
Timun yang bermanfaat untuk menghilangkan biang keringat. (foto: boldsky.com)

Biang keringat timbul karena berbagai penyebab, bisa karena pakaian yang tidak menyerap keringat, atau kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik. Berikut adalah cara menghilangkan biang keringat secara alami dan cepat.

Timun

Timun bisa dipilih sebagai cara menghilangkan biang keringat secara alami dan cepat. Cukup dengan menaruh dan menggosokkan irisan timun di kulit yang terkena biang keringat, lalu basuh kulit dengan air dingin.

Tea tree oil

Aplikasikan tea tree oil pada kulit sebagai cara menghilangkan biang keringat secara alami dan cepat. Tea tree oil bersifat antiinflamasi yang membantu meredakan biang keringat.

Ketumbar

Salah satu cara menghilangkan biang keringat secara alami dan cepat yakni menggunakan ketumbar. Aplikasikan ketumbar pada area biang keringat sebelum mandi.

Chamomile

Chamomile bisa menjadi alternatif cara menghilangkan biang keringat secara alami dan cepat. Encerkan 1-2 tetes chamomile dalam 2 sendok teh minyak kelapa, lalu aplikasikan pada biang keringat di kulit.

Serbuk kulit pohon beringin

Cara menghilangkan biang keringat secara alami dan cepat bisa juga dengan menggunakan serbuk kulit pohon beringin. Kikir bagian kulit pohon beringin, cuci bersih dan jemur hingga kering, lalu tumbuk sampai menjadi serbuk.

Aplikasikan serbuk tersebut sepeti menggunakan bedak pada anak, untuk menghilangkan ruam, panas dan gatal-gatal.

Cara Menghilangkan Bekas Biang Keringat

Oatmeal
Oatmeal. (Foto: shutterstock.com By Africa Studio)

Biang keringat seringkali menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada kulit. Hal ini tentu saja membuatmu tak kuasa untuk menggaruknya dan meninggalkan bekas kehitaman pada kulit. Berikut kami bagikan tips cara menghilangkan biang keringat yang membekas.

Oatmeal

Oatmeal atau gandum bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan bekas biang keringat. Campurkan 1 sdm gula pasir, madu secukupnya dan 3 sdm oatmeal secara merata. Oles dan gosokkan ramuan tersebut pada kulit yang mengalami biang keringat. Diamkan beberapa menit sampai mengering.

Madu

Salah satu cara menghilangkan bekas biang keringat yakni dengan menggunakan madu. Campurkan madu dengan minyak jojoba, lalu oleskan ke seluruh area yang terkena biang keringat. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas biang keringat menggunakan lidah buaya yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada ruam kulit. Lakukan secara rutin, 3 kali sehari agar bekas ruam segera hilang.

Es batu

Es batu bisa digunakan untuk cara menghilangkan bekas biang keringat. Cukup dengan menggosokkan es batu atau menekan secara perlahan pada bagian kulit yang terkena biang keringat.

Rasa dingin dari es batu akan meredakan rasa gatal dan apabila diaplikasikan secara rutin akan menghilangkan bintik merah yang tersisa.

 

Nah, ada baiknya jika mengalami biang keringat segera diatasi agar tidak meninggalkan bekas kehitaman pada kulit. Ada berbagai cara yang bisa kamu coba, semoga berhasil.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓