Sukses

Parenting

Mengenal 5 Bahaya Hamil di Atas Usia 40 Tahun

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap perempuan, momen kehamilan mejadi momen yang sangat mengesankan. Para ahli menyebutkan jika usia terbaik untuk hamil adalah usia 20 hingga 35 tahun. Hamil di usia bawah 20 tahun dan di atas 35 tahun memiliki berbagai risiko yang mengancam kesehatan ibu pun janin di kandungan.

Melansir dari laman parents.com, risiko yang lebih berbahaya akan mengancam kehamilan di usia 40 tahun ke atas. Para ahli menyebutkan jika risiko tersebut mulai dari kelahiran prematur hingga kematian ibu dan janin.

Berikut ada beberapa risiko yang kemungkinan akan menyerang ibu hamil dengan usia di atas 40 tahun.

Bahaya Hamil di Atas Usia 40 Tahun

Ukuran Janin

Ketika Mom hamil atas usia 40 tahun, ukuran janin bisa lebih besar atau lebih kecil dari yang seharusnya. Berat badan bayi juga bisa terlalu ringan atau terlalu berat. Jika ukuran bayi bermasalah, ini akan meningkatkan berbagai masalah lainnya.

Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Perempuan di atas usia 40 tahun yang hamil akan berisiko memiliki tekanan darah yang kurang stabil. Tekanan darah ini umumnya akan meningkat menjadi tekanan darah tinggi. Hamil dengan tekanan darah tinggi tentu sangat berbahaya.

Diabetes Gestasional

Bahaya selanjutnya yakni dieberes gestasional. Diabetes ini akan sangat berisiko pada ibu hamil dengan usia di atas 40 tahun.

Gangguan Bawaan

Para ahli menemukan jika gangguan bawaan pada janin akan sangat berisiko di kehamilan usia di atas 40 tahun. Gangguan bawaan tersebut bisa berupa down syndrome, autisme atau gangguan lain pada fisik seperti gangguan jantung.

Komplikasi Persalinan

Perempuan yang hamil di atas usia 40 tahun bisa mengalami komplikasi persalinan. Komplikasi ini akan menyebabkan nyeri selama persalinan prematur maupun selama persalinan caesar.

Itulah beberapa bahaya yang akan dialami ibu hamil dengan usia di atas 40 tahun. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Mom ingin hamil di usia yang tak muda lagi, usahakan mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya dan minta saran terbaiknya demi dapatkan kehamilan sehat untuk ibu pun janin.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading