15 Pola Hidup Sehat yang Harus Dilakukan Saat Merencanakan Kehamilan

Mimi Rohmitriasih12 Nov 2019, 16:15 WIB
Vegetarian

Fimela.com, Jakarta Hamil menjadi salah satu momen mengesankan buat setiap perempuan. Bagi pasangan yang telah menikah, kabar kehamilan menjadi kabar yang sangat ditunggu-tunggu. Mengenai kehamilan, ada beberapa pasangan yang langsung dikaruniai momen kehamilan meski baru saja menikah. Tapi tidak sedikit pasangan yang harus menunggu lama untuk mendapatkan kehamilan di pernikahan keduanya.

Melansir dari laman parents.com, agar bisa segera hamil, kita harus mau menerapkan pola hidup sehat. Sebagai perempuan kita juga harus mempersiapkan perencanaan kehamilan dengan sebaik mungkin. Tingkatkan kesuburan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Sedikitnya ada 15 pola hidup sehat yang harus diterapkan di kehidupan sehari-hari saat merencanakan kehamilan selain melakukan hubungan intim di waktu tepat, dengan posisi tepat dan klimaks yang mengesankan. Berikut pola hidup tersebut Sahabat Fimela.

Pola Hidup Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

Nutrisi perempuan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Vasin Lee
  1. Hentikan penggunaan alat kontrasepsi. Hentikan program KB yang dilakukan. Setelah KB, biasanya membutuhkan waktu sedikitnya 4 bulan agar hormon kesuburan tubuh pulih kembali.
  2. Jaga berat badan. Pastikan berat badan tidak terlalu berlebih dan berat badan tidak terlalu kurang. Usahakan untuk memiliki berat badan ideal atau setidaknya masih berada di posisi normal.
  3. Miliki olahraga cukup setiap harinya. Olahraga ringan seperti jalan kaki sudah cukup membuat tubuh lebih sehat dan prima untuk menyambut momen kehamilan.
  4. Kurangi konsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein berlebih. Sesekali konsumsi minuman mengandung kafein boleh, tapi pastikan tidak berlebihan. Kafein tidak hanya di kopi dan teh tetapi juga soda, cokelat dan sejenisnya.
  5. Hindari stres. Usahakan agar pikiran selalu tenang, nyaman dan bahagia. Kebahagiaan akan meningkatkan peluang kehamilan.
  6. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan tauge dipercaya baik untuk kesuburan.
  7. Selain perbanyak konsumsi sayur-sayuran, usahakan juga untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan. Apel, jeruk, pir, semangka, melon dan buah lainnya sangat baik untuk menutrisi tubuh.
  8. Perbanyak juga konsumsi ikan. Ikan kaya akan nutrisi yang baik buat kesehatan tubuh serta meningkatkan kesuburan.
  9. Konsumsi telur dalam jumlah cukup setiap harinya. Telur termasuk super food yang baik dikonsumsi selama merencanakan program kehamilan.
  10. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat, Janis Biermann, M.S, dokter kandungan mengungkapkan jika asam folat bisa meningkatkan kesuburan.
  11. Konsumsi juga suplemen yang bisa meningkatkan kesuburan. Suplemen tersebut bisa berupa suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C dan Omega 3.
  12. Jika dirimu merupakan perokok aktif baik itu rokok konvensional atau elektrik, hentikan kebiasaan buruk merokok. Merokok hanya akan menurunkan kesuburan. Efek buruk merokok juga bisa terjadi pada janin yang nantinya bakal dikandung.
  13. Hentikan kebiasaan buruk mengonsumsi minuman beralkohol
  14. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung soda. Kurangi juga konsumsi jus buah dengan tambahan gula berlebih. Gula darah yang tinggi sebelum hamil bisa berefek buruk buat kehamilanmu nantinya.
  15. Usahakan untuk mengonsumsi susu khusus untuk merencanakan kehamilan. Dalam susu ini mengandung berbagai nutrisi yang bisa meningkatkan kesuburan.

Itulah beberapa pola hidup sehat yang harus diterapkan saat merencanakan program kehamilan. Jangan lupa juga untuk memiliki istirahat dan konsumsi air putih cukup setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓