Alasan Ilmiah Kenapa Tubuh Bayi Memiliki Aroma Khas

Mimi Rohmitriasih17 Nov 2019, 09:15 WIB
Ibu dan bayi

Fimela.com, Jakarta Pernah berpikir kenapa aroma tubuh bayi begitu unik dan menyenangkan? Bicara mengenai aroma tubuh atau bau badan, banyak orang berlomba-lomba menghilangkan aroma ini agar lebih harum dan menarik. Orang dewasa memiliki aroma tubuh yang beragam. Tapi secara umum orang dewasa memiliki aroma tubuh yang cukup mengganggu.

Ini berbeda dengan aroma tubuh bayi. Secara umum bayi memiliki aroma tubuh yang harum alami, khas dan begitu menyenangkan serta menenangkan. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Alasan Aroma Tubuh Bayi Begitu Khas

gendong bayi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Kiwis

Hampir semua orang menyukai aroma tubuh bayi yang khas. Ini mengingat tubuh bayi memiliki aroma khas yang begitu menarik. Selain penampilan bayi yang sangat menggemaskan, semua orang menyukai bayi karena aromanya yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, aroma tubuh bayi ini mendorong seseorang untuk terus menerus menciumnya bahkan menaruh kasih sayang lebih padanya.

Mengenai aroma tubuh bayi yang khas, melansir dari laman Womens Health, George Preti, PhD, seorang ahli kimia analitik di Monell Chemical Senses Center menjelaskan jika aroma khas bayi berasal dari kelenjar keringat bayi. George mengatakan, "Aroma khas itu berasal dari bahan kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat bayi."

Studi yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology menjelaskan jika aroma tubuh bayi yang harum berasal dari tubuh bayi itu sendiri. Asupan nutrisi bayi yang hanya berupa ASI membuat tubuhnya lebih harum dan menarik. Penggunaan bedak bayi dan pewangi lain akan menambah aroma harum tersebut. Teori lain menyebutkan jika aroma wangi bayi berasal dari zat vernix caseosa atau zat yang mirip keju berwarna keputihan dan melapisi kulit bayi pada saat ia dilahirkan.

Para ahli menyebutkan jika aroma tubuh bayi akan berubah seiring dengan perubahan metabolisme tubuhnya. Perubahan itu juga akan berubah seiring dengan perubahan makanannya sehari-hari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓