Sukses

Parenting

14 Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Sedikit Setelah Melahirkan Secara Alami

Fimela.com, Jakarta ASI memang adalah asupan terbaik untuk bayi. Semua nutrisi dan juga kandungan untuk kekebalan tubuh si kecil ada pada ASI. Maka tidak heran, jika dapat memberikan ASI bagi buah hati adalah kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu.

Namun masih banyak ibu-ibu yang mengalami masalah dengan ASI. Produksi ASI yang tidak lancar dan keluar tidak banyak, membuat ibu bingung dan panik. Hal ini didukung oleh perkataan dr. Elizabeth Yohmi SpA, Ketua SATGAS ASI Indonesia, yang mengatakan, saat hari pertama bayi dilahirkan, niat dan rencana untuk menyusui bayi, terkadang berbeda dari apa yang dibayangkan oleh sang ibu. Hal inilah yang bisa membuat ibu merasa kecewa, stres bahkan frustasi.

Lalu, bagaimana cara memperlancar ASI pada ibu menyusui? Simak saja langsung cara memperlancar ASI berikut.

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Sedikit

Bagi Sahabat Fimela yang ASInya sedikit, jangan terburu-buru untuk memberikan susu formula pada si buah hati. Ada beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa dilakukan Sahabat Fimela dirumah. Selain itu, cara memperbanyak ASI ini sudah pastinya aman buat kesehatan ibu maupun anak.

Wortel

Kaya akan vitamin A dan mineral serta beta karoten. Wortel dipercaya menjadi sumber nutrisi baik untuk menghasilkan ASI.

Bawang putih

Kandungan dalam bawang putih dapat meningkatkan produksi lactogenic. Lactogenic ini akan merangsang payudara untuk memproduksi ASI.

Gandum

Gandum kaya akan saponin, yang menstimulasi produksi hormon yang menghasilkan ASI pada ibu menyusui.

Kacang-kacangan

Sangat disarankan makan kacang-kacangan dalam jumlah besar karena kandungan asam lemak dan asam amino yang kaya di dalamnya merangsang untuk mengeluarkan ASI lebih banyak.

Biji wijen

Biji wijen merupakan nutrisi yang mencukupi kebutuhan kalsium. Kalsium adalah zat yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan produksi ASI.

Cara Memperbanyak ASI Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, banyak kasus dimana ASI tidak keluar atau hanya keluar sedikit. Kalau sudah begini, ibu pasti bingung mencari cara untuk memperbanyak ASInya agar gizi si kecil terpenuhi. Inilah cara memperbanyak ASI setelah melahirkan.

Memompa ASI

Memompa adalah salah satu cara memperbanyak ASI. Gunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Tak usah khawatir berapa banyak ASI yang kita dapat, karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara.

Skin to skin contact

Beberapa negara yang mendukung program ibu menyusui menganjurkan skin to skin contact sebagai salah satu cara menyusui yang baik. Usahakan kulit ibu dan kulit bayi saling bertemu dan bersentuhan. Selain merangsang produksi ASI, hal ini akan meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan si buah hati.

Sering Menyusui

Produksi ASI pada tubuh wanita mengikuti prinsip supply dan demand, artinya tubuh memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, bila ibu rutin menyusui bayi setiap 2-3 jam, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut.

Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Banyak dan tidaknya ASI yang keluar, dipengaruhi oleh hormon oksitosin dan prolaktin. Untuk itu cobalah cara alami untuk memacu hormon sebagai cara memperbanyak ASImu.

Istirahat yang cukup

Mengatur jadwal tidur yang cukup dengan adanya si kecil memang sulit. Namun, hal ini dapat diakali dengan misalnya, ketika bayi tidur maka ibu juga ikut tidur. Bisa juga dengan mengurangi kegiatan di dalam maupun luar rumah.

Mengonsumsi air mineral

Mencukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi tubuh secara teratur. Hindari juga minuman yang mengandung bahan kimia dan kafein karena akan berpengaruh buruk bagi bayi.

Mengompres payudara

ASI yang tidak lancar keluar biasanya menyebabkan payudara keras karena banyaknya tumpukan ASI di dalam payudara. Jika payudara keras, bayi pun akan susah menghisapnya. Oleh karena itu, kompreslah dengan handuk hangat beberapa menit, maka payudara akan melunak dan ASI dapat keluar lebih lancar.

Cara Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan

Cara memperbanyak ASI dilakukan tidak hanya setelah melahirkan, namun juga bisa sebelum melahirkan. Berikut cara-caranya.

Memijat payudara

Ibu bisa juga memijat payudara sebagai cara memperbanyak ASI. Pijat pun tidak dilakukan secara sembarangan. Caranya pijat lembut payudara dari bagian tepi payudara ke area puting. Lakukan secara rutin setiap hari selama masa kehamilan sebelum melahirkan untuk memperbanyak ASI yang keluar jika bayi sudah lahir.

Baca juga: 32 Cara Memperbanyak ASI yang sudah Kering secara Alami setelah Melahirkan

Mengonsumsi makanan yang memperbanyak ASI

Saat masa kehamilan sebelum melahirkan, sebisa mungkin hindari penggunaan supplement dan obat-obatan termasuk untuk memperbanyak ASI. Cukup mengonsumsi makan-makanan sehat sebagai cara memperbanyak ASI seperti pepaya, daun katuk, havermouth, wortel, bayam, dan pare.

Membersihkan puting

Merawat payudara salah satunya bisa dengan membersihkan puting menggunakan kapas yang sudah dicelup air hangat sehari dua kali. Ibu tidak perlu membersihkannya dengan sabun ataupun baby oil karena areola atau area gelap di sekitar puting akan secara otomatis menjaga kelembaban areola dari kalenjar di dalamnya.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading