Perhatikan Mom, Ini 4 Tanda Bayi Tidak Memiliki Waktu Tidur Cukup

Mimi Rohmitriasih14 Nov 2019, 12:15 WIB
Bayi Mengantuk

Fimela.com, Jakarta Hampir sebagian besar waktu seorang bayi digunakan untuk tidur. Tidak seperti orang dewasa, bayi memerlukan waktu tidur yang lebih lama. Ketika bayi tidak mendapatkan tidur cukup, ini bisa memengaruhi tumbuh kembangnya. Ini juga bisa membuatnya rewel dan menangis sepanjang hari.

Melansir dari laman babycenter.com, bayi di bawah usia 1 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 16 sampai 17 jam. Waktu ini akan berkurang seiring dengan pertambahan usianya. Untuk bayi yang sudah berusia di atas 1 tahun, waktu tidurnya cukup 13 sampai 14 jam.

Mengenai waktu tidur bayi, penting bagi orangtua untuk mengetahui seberapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan bayi. Orangtua harus memperhatikan dengan baik apakah bayi sudah memiliki tidur cukup atau belum. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa bayi belum mendapatkan waktu tidur cukup.

Tanda Bayi Belum Mendapatkan Waktu Tidur Cukup

Bayi
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Brytny.com

Bayi Terus Menerus Menggosok Mata

Tanda pertama adalah bayi secara terus menerus menggosok-gosok matanya. Menggosok mata adalah reflek bayi ketika ia merasa lelah dan ingin tidur. Judith Owens, M.D, direktur obat tidur di Children's Natiobnal Medical Center, di Washington, D. C menjelaskan, “Hormon pertumbuhan terutama disekresi pada bayi terjadi selama ia tidur nyenyak. Bayi yang menggosok-gosok mata menandakan ia lelah dan ingin tidur.”

Tidak Mau Bermain

Bayi yang sudah mengantuk tidak memiliki minat lagi untuk bermain. Ia juga tidak tertarik saat namanya dipanggil. Ia terlihat sayu, lemah dan lemas. Ketika anak mengantuk berat, saat bermain tidak jarang ia akan tertidur.

Suaranya Serak dan Tidak Fokus

Buah hati yang sudah mengantuk berat besar kemungkinan suaranya jadi serak. Beberapa anak bahkan terdengar mendengkur. Hampir semua orang termasuk bayi dan anak-anak akan kehilangan fokusnya saat ia kurang tidur juga ngantuk berat.

Rewel, Menangis dan Tantrum

Tanda selanjutnya adalah buah hati rewel, menangis hingga tantrum. Sebagian besar bayi dan anak-anak yang mengantuk atau kurang tidur akan sangat mudah rewel.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan jika bayi memiliki waktu tidur kurang. Jika mendapati tanda-tanda ini di keseharian buah hati, pastikan untuk menenangkannya dan usahakan untuk membuatnya memiliki waktu tidur cukup.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓