Persiapkan Masa Depan Si Kecil Bersama AXA di FIMELA FEST 2019

Meita Fajriana16 Nov 2019, 15:29 WIB
Persiapkan masa depan anak bersama AXA di FIMELA FEST 2019

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang tua, masa depan si kecil menjadi prioritas utama. Namun terkadang orangtua sering merasa takut menentukan rencana apa saja yang akan dilakukan untuk mempersiapkan masa depan si kecil. Sebelum memutuskan sebuah rencana tentunya kamu harus memikirkannya matang-matang.

Melalui program “Know You Can” AXA Insurance mengajak masyarakat untuk mempersiapkan anak menghadapi era modern sejak dini.

Dalam acara FIMELA FEST 2019 AXA menghadirkan Praktisi Mindful Parenting Melly Amaya Kiong dan Niharika Yadav selaku Presiden Direktur AXA Financial Indonesia sebagai pembicara.

Acara FIMELA FEST 2019 ini membahas dan berbagi tentang pola asuh para orang tua di era modern saat ini. Parenting di era saat ini harus mengikuti perubahan yang ada.

“Parenting harus mengikuti perubahan yang ada, sehingga kita tidak bisa menggunakan gaya lama, kita perlu mengikuti perkembangan era digital seperti yang terjadi sekarang ini” Kata Melly Amaya Kiong pada talkshow di FIMELA FEST 2019, Sabtu (17/11/2019).

Orangtua sangat berperan penting bagi tumbuh kembang si kecil. Mereka harus tetap menjadi pendamping untuk anak-anak serta memberikan edukasi mengenai apa saja yang baik dan apa saja yang tidak baik. 

Caranya beri tahu si kecil mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, sehingga anak bisa berpikir terlebih dahulu tentang konsekuensi apa yang akan mereka dapatkan sebelum melakukan sesuatu, hal ini lah yang mendorong adanya kerjasama antara orangtua dan anak.

Ketika anak tidak mendapatkan komunikasi yang baik dengan orangtua, cobalah untuk membuka komunikasi dua arah, dengan menjadikannya teman atau sahabat. Di jaman sekarang, kita tidak bisa menghentikan saat mereka melakukan hal-hal yang disukai. Menjadi orang tua yang baik sebaiknya kamu tidak perlu melarang anak-anak saat keinginannya tidak sejalan dengan kamu.

Sebaliknya, berikan dukungan untuknya dan ambil sisi positif dengan menggali potensi dalam diri si kecil. Ajak anak bicara dan mengkomunikasikan keinginannya, sehingga timbul keterbukaan tentang keinginan anak dan orangtua.

“Faktanya 87 persen anak-anak yang lulus dari universitas salah jurusan, hal ini diakibatkan adanya paksaan dari orangtua, sehingga membuat mereka depresi” ungkap Melly.

Membangun karakter anak dari rumah

Persiapkan masa depan anak bersama AXA di FIMELA FEST 2019
Persiapkan masa depan anak bersama AXA di FIMELA FEST 2019. (Foto: Fimela/ Adrian Putra)

Banyak orangtua merasa anak-anak di sekolah sudah mendapatkan didikan dari guru, sedangkan dengan sistem pendidikan di Indonesia yang terlalu banyak membebankan administrative work kepada para guru membuat mereka kehilangan waktu untuk mendidik anak-anak dalam membangun karakter mereka, disinilah peran penting orangtua yang dimulai dari lingkungan rumah.

Masa depan anak tidak hanya di tentukan dengan pola asuhnya saja, melainkan juga tingkat pendidikannya. Semua orangtua menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi pintar dan hebat. Sayangnya, faktor finansial sering menjadi keterbatasan para orang tua dalam mewujudkan cita-cita si kecil.

 

Anak yang tidak melanjutkan pendidikan karena keterbatasan finansial

Persiapkan masa depan anak bersama AXA di FIMELA FEST 2019
Persiapkan masa depan anak bersama AXA di FIMELA FEST 2019. (Foto: Fimela/ Adrian Putra)

Seperti yang diungkapkan Niharika Yadav, Biaya pendidikan setiap 9 tahun naik minimal 8 persen dan 30 persen anak tidak bisa merasakan perguruan tinggi sesuai keinginan mereka karena keterbatasan finansial.

Selain menabung dan investasi, AXA sebagai penyedia jasa asuransi hadir menyediakan rencana pendidikan untuk kamu para orang tua yang sedang mempersiapkan pendidikan si kecil di masa depan sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi menghadapi masalah finansial dalam pendidikan si kecil, sesuai dengan program AXA “Know You Can”.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓