Sudah Hamil, tapi Kenapa Perut Belum Kelihatan Buncit?

Endah Wijayanti21 Nov 2019, 08:45 WIB
hamil perut buncit

Fimela.com, Jakarta Kehamilan identik dengan perut yang tampak membuncit. Hanya saja kondisi setiap perempuan bisa berbeda satu sama lain. Ada yang perutnya tidak langsung tampak membuncit saat hamil.

Kenapa perut belum kelihatan buncit saat hamil? Tidak perlu merasa minder atau tersinggung bila ada yang nyinyir, "Kok hamilnya nggak kelihatan, sih?" Mengutip buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, tinggi badan, berat badan, dan tebal kulit perut saat hamil memengaruhi penampakan besar kecilnya perut saat hamil. Jadi, tak perlu langsung merasa kesal bila ada yang menyindir perut yang tak tampak buncit ketika hamil.

 

Tak Perlu Mengkhawatirkan Buncit Tidaknya Perut

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Africa Studio

Jika berat badan kita agak kurus, mungkin hamil 4 atau 5 bulan, perut sudah tampak mulai membuncit. Sedangkan jika sebelum hamil, tubuh sudah agak gemuk, mungkin pada 6 bulan kehamilan baru perut mulai kelihatan buncit.

Tak perlu terlalu mengkhawatirkan buncit tidaknya perut saat hamil. Buncit tidaknya perut ibu saat hamil tidak ada pengaruhnya dengan berat badan janin. Asalkan selama pemeriksaan USG, berat janin sudah sesuai dengan usia kehamilan, maka tak perlu ada yang dikhawatirkan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓