Konsumsi Mie Instan Berlebih Bisa Mengganggu Tumbuh Kembang Anak

Mimi Rohmitriasih24 Nov 2019, 16:15 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 16:15 WIB
anak makan mi

Fimela.com, Jakarta Mie instan menjadi salah satu makanan yang memiliki cita rasa menggugah selera. Anak-anak, orang dewasa hingga orang tua begitu menyukai mie instan. Namun Sahabat Fimela, di balik rasa mie instan yang enak dan mengenyangkan, konsumsi mie instan secara berlebihan setiap harinya bisa berdampak buruk buat kesehatan.

Melansir dari laman klikdoter.com, anak yang mengonsumsi mie instan berlebih bisa mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Anak yang terbiasa mengonsumsi mie isntan dan tidak diimbangi dengan makanan lain bisa mengalami berbagai masalah kesehatan terutama masalah kegemukan atau obesitas.

Bahaya Anak Berlebihan Konsumsi Mie Instan

anak makan mi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Para ahli menjelaskan di dalam mie instan terdapat beberapa bahan kimia yang jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah besar ini akan menggangu kesehatan. Studi menemukan jika anak yang mengonsumsi mie instan secara berlebih bisa mengalami risiko kesehatan seperti obesitas, kerusakan organ dan daya pikir yang lambat.

Anak-anak yang hanya mengonsumsi mie instan dalam kehidupan sehari-harinya dikhawatirkan akan menghambat tumbuh kembang anak. Usia anak-anak adalah usia di mana mereka perlu mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Konsumsi mie isntan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak.

Sebaiknya konsumsi mie isntan baik untuk anak atau orang dewasa dibarengi dengan konsumsi makanan lain yakni sayur, daging, buah dan makanan bergizi lain. Mie instan disarankan maksimal dikonsumsi sebanyak satu kali dalam seminggu atau bahkan sebulan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓