Cara Mudah Mencegah Minus Bertambah Bagi Anak Pemakai Kacamata

Novi Nadya21 Nov 2019, 12:30 WIB
Anak berkacamata

ringkasan

  • Paparan sinar UV dipercaya memperlambat dan mencegah mata minus
  • Periksakan mata anak enam bulan sekali untuk menghalau laju minus pada mata
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kacamata merupakan alat bantu penglihatan bagi berbagai mereka yang memiliki kelainan refraksi atau mata minus dan plus, silinder, mata kering, buta warna, glukoma, hingga katarak. Untuk mata minus menjadi kelainan yang dialami anak memasuki usia sekolah.

dr. Gitalisa Andayani Sp.M (K) mengatakan jika minus pada mata mengalami peningkatan secara cepat di usia sekolah, terutama SD. Sebab itu, untuk mencegah bertambahnya minus, enam bulan sekali mata anak harus diperiksa ke dokter mata atau optik.

Namun ada satu cara yang diyakini bisa mencegah bertambahnya minus pada anak yang memakai kacamata. Yaitu dengan banyak bermain di luar ruangan.

"Untuk mencegah minus, anak-anak bisa lebih banyak menghabiskan waktu di outdoor dan terpapar sinar UV. Sebab sinar UV bisa menjaga sumbu bio mata dan mencegah miopi atau mata minus," ujar dr. Gitalisa Andayani Sp.M (K).

 

 

 

 

 

Perlambat Laju Minus Mata

Kacamata
Ilustrasi kacamata (Photo by David Travis on Unsplash)

Chairman of Optik Tunggal Alexander F. Kurniawan juga mengingatkan pentingnya mencegah pertambahan minus mata dengan rutin mengunjungi optik untuk memeriksa. Setidaknya memperlambat laju minus mata.

"Anak-anak harus diperiksa enam bulan sekali matanya, karena biasanya tiap tahun nambah 1 minusnya. Jika langsung terkoreksi, maka minus bisa diperlambat," ujarnya.

 

Simak video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓