Kontrol Emosi Hingga Fokus, Ini Manfaat Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Vinsensia Dianawanti28 Nov 2019, 11:00 WIB
Ilustrasi yoga pada anak

ringkasan

  • Yoga ternyata sangat bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus dalam kontrol emosi dan fokus
  • Selain anak, orangtua pun juga disarankan untuk mengikuti yoga ini untuk mengurangi stres mengasuh anak berkebutuhan khusus
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak berkebutuhan khusus diperlukan perhatian serta kesabartan ekstra dari orangtua. Memastikan bahwa anak bisa tetap tumbuh seperti anak pada umumnya. Terlebih, berbagai macam jenis anak berkebutuhan khusus tentu diperlukan penanganan yang berbeda untuk masing-masing anak.

Dikarenakan anak berkebutuhan khusus memiliki sikap dan perilaku yang berbeda, baik dari segi fisik maupun emosi, diperlukan pendekatan yang khusus. Salah satunya dengan mengikuti kelas yoga. Elsa Savira Pangaribuan, seorang terapis Yoga di MS School, menyebut bahwa pendekatan yang bisa dilakukan untuk menangani anak berkebutuhan khusus adalah dengan pendekatan holistik.

"Pendekatannya holistik. Jadi otomatis apa yang dipikirkan sampai ke dalam inner-nya. Mengajarkan apa yang mereka rasakan yang ada di dalam mereka. Di dalam yoga ada latihan pernapasan, meditasi ringan. Pose-nya sangat membantu untuk fokus," ungkap Elsa Savira Pangaribuan.

Elsa sendiri memiliki anak dengan ADHD. Dengan mengikuti yoga, sang anak kini lebih fokus dan emosi yang lebih terkontrol. Dengan yoga, anak bisa mengatur pikiran, emosional, dan latihan pernapasan melalui meditasi. Selain melatih fokus, yoga pada anak berkebutuhan khusus juga dilakukan untuk melatih keterampilan berbicara.

 

Orangtua juga perlu ikut yoga

Ilustrasi yoga
ilustrasi yoga(Foto: unsplash.com/Avrielle Suleiman

Gerakan yoga yang diberlakukan pada anak berkebutuhan khusus sebenarnya sama dengan yang yoga pada umumnya. Hanya pendekatannya saja yang berbeda. Tujuannya, untuk membuat suasana lebih cair dan mudah diterima oleh anak berkebutuhan khusus. Misalnya, diajak bernyanyi agar anak bisa menyesuaikan suasana di kelas.

Terkadang orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus hanya berpikir soal perkembangan anaknya saja. Melainkan, orangtua juga butuh melakukan yoga. Tidak mudahnya mengasuh anak berkebutuhan khusus membuat orangtua menjadi stres. Sehingga yoga bisa menjadi alternatif orangtua untuk lebih bisa mengontrol emosi dan mengurangi stres.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓