Mengenal Penyebab Anak Sering Ngompol saat Tidur

Mimi Rohmitriasih28 Nov 2019, 13:45 WIB
Anak tidur

Fimela.com, Jakarta Mengompol merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak. Biasanya, anak mengompol saat malam hari tepatnya saat ia tidur. Mendapati anak mengompol menjadi hal yang begitu menjengkelkan buat setiap orangtua. Meski begitu, pastikan untuk tidak terlalu memarahi anak karena mereka melakukannya juga tanpa sengaja.

Melansir dari laman parents.com, mengompol juga dikenal dengan istilah nocturnal euresis. Mengenai anak ngompol ini, kira-kira kenapa bisa terjadi? Apa yang menjadi penyebab anak mengompol saat tidur padahal Mom sudah membiaskannya buang air kecil sebelum tidur.

Penyebab Anak Mengompol

Anak tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Africa Studio

Ada beberapa hal yang menyebabkan anak mengompol di malam hari. Penyebab tersebut antara lain adalah anak tidak bisa menahan diri untuk buang air kecil dalam tidurnya dan anak tidak segera bangun ketika mendapati kandung kemihnya sudah penuh.

Anak memproduksi banyak urin sepanjang malam karena asupan air terlebih minuman teh berlebih juga menyebabkannya sering ngompol. Anak memiliki pengelolaan yang buruk saat buang air kecil sehingga menimbulkan kebiasaan sering mengabaikan aktivitas buang air kecil pun air besar akan meningkatkan risiko anak mengompol.

Anak juga sering ngompol karena beberapa hal lain seperti terjadinya infeksi di kandung kemihnya. Anak yang berisiko terhadap penyakit diabetes dan masalah emosional tertentu yang memicu stres dan depresi juga bisa sering ngompol. Ketika mendapati anak sering ngompol, sebaiknya orangtua melatihnya untuk buang air kecil sebelum tidur. Orangtua juga penting menasehati anak agar mau bangun tidur dan pergi ke kamar mandi saat ia merasa ingin buang air kecil.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓