Kebanyakan Minum Teh Berisiko Timbulkan Komplikasi Kehamilan

Febi Anindya Kirana28 Nov 2019, 14:45 WIB
perempuan hamil minum teh

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya dilarang minum kopi, ibu hamil juga tidak dianjurkan banyak minum teh selama hamil. Teh mampu memberikan manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, namun konsumsi berlebihan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan, apalagi saat hamil.

Kandungan kafein di dalam teh lah yang menjadi penyebabnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central Clinical Epidemiology menemukan bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebih selama hamil dapat meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir pada bayi.

Kebanyakan Teh Bisa Timbulkan Masalah Kehamilan

minum teh
ilustrasi teh/Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Data mengenai bahaya kafein selama kehamilan cukup beragam, dan masih belum jelas berapa banyak konsumsi teh yang dianggap aman. Namun sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa risiko komplikasi kehamilan relatif rendah jika perempuan hamil menjaga asupan kafein hariannya di bawah 200-300 mg.

Dibandingkan kopi, teh memang mengandung kafein yang cukup rendah, hanya sekitar 20–60 mg per cangkirnya (240 ml). Akan aman jika tidak minum lebih dari 3 cangkir per hari, atau jaga konsumsinya cukup 1 cangkir saja per harinya.

Jadi, meski sehat dalam kondisi kesehatan normal, akan lebih baik jika tidak terllau banyak minum teh selama hamil ya Mom.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓