Setelah Masa Menopause, Apakah Perempuan Masih Bisa Hamil?

Mimi Rohmitriasih28 Nov 2019, 15:45 WIB
menopause dini

Fimela.com, Jakarta Masa menopause pada perempuan ditandai dengan berhentinya aktivitas menstruasi. Dengan berhentinya menstruasi, ini menandakan bahwa kesempatan perempuan untuk hamil berhenti. Meski begitu, dalam beberapa kasus ada beberapa perempuan yang masih bisa hamil dan melahirkan.

Melansir dari laman health.com, seorang perempuan berusia 61 tahun di Amerika Serikat, Omaha Cecile Edge dinyartakan hamil meski ia sudah berada pada masa menopause atau tidak subur. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Menurut National Institute on Aging (NIA), Amerika Serikat, menopause terjadi 12 bulan setelah seorang perempuan mengalami menstruasi terakhir. Ketika hal ini terjadi, maka secara resmi sistem reproduksinya terhenti dan perempuan tidak bisa hamil secara alami.

Menopause dan Kehamilan

menopause
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Masa menopause memiliki tahapan-tahapan tersendiri. Pada tahapan ini, menstruasi tidak langsung terhenti melainkan akan tetap ada baik itu dua bulan, tiga bulan atau 6 bulan sekali hingga benar-benar terhenti. Tahapan ini disebut dengan premenstruasi. Ketika menstruasi masih hadir walau tidak teratur, ini menandakan sistem reproduksi tubuh masih bekerja dan kemungkinan bisa hamil masih bisa terjadi.

Julian Peskin, dokter obgyn di Cleveland Clinic, AS mengatakan, "Dirimu berovulasi dengan jarang, tapi masih berovulasi. Bahkan ketika premenopause. Jika tidak ingin hamil, penting untuk menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim."

Ketika perempuan telah memasuki masa menopause dan menstruasi benar-benar terhenti sedankang masih menginginkan kehamilan, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan program bayi tabung. Menurut US National Library of Medicine (NLM), program bayi tabung adalah penyatuan sel telur dan sperma di luar tubuh manusia. Tapi, mengingat seseorang yang telah menopause tidak lagi menghasilkan sel telur, ia perlu mendapatkan donor sel telur untuk bisa dilakukan penyatuan tersebut.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓