Sukses

Parenting

Begini 5 Cara Membesarkan Anak Perempuan yang Penuh Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan laki-laki, perempuan memang lebih rentan mengalami kepercayaan diri yang rendah. Kepercayaan diri bisa diajarkan sejak dini oleh ibu pada anak perempuan melalui berbagai cara, seperti sekian cara berikut.

1. Jangan mengkritik bentuk tubuh di depan anak

Ini adalah pesan penting yang meski dianggap sepele namun punya pesan penting pada anak. Jika ibunya saja suka menjelekkan diri sendiri dan minder dengan dirinya di depan cermin, apakah kira-kira anak akan bisa percaya diri dengan dirinya sendiri?

2. Jadilah ibu yang aktif dan ajari anak

Kepercayaan diri bisa ditunjukkan melalui kegiatan sehari-hari dan menjadi ibu yang aktif adalah salah satu contoh baik. Ibu yang aktif dan melakukan banyak kegiatan di luar rumah akan memberi pesan positif dan memotivasi anak dibandingkan ibu yang tinggal di rumah hanya menonton tv.

3. Puji dia

Hargai pencapaian atau prestasi di kelas. Bentuk apresiasi bisa membentuk rasa percaya diri pada anak sekaligus membuatnya memiliki kemampuan menghargai diri sendiri. Ketika mendapat pujian, anak akan terdorong untuk melakukan hal lebih baik.

4. Ajari anak tentang kesehatan

Daripada fokus pada kecantikan wajah dan bentuk tubuh, ajari anak untuk hidup sehat. Bukan memaksanya makan sayur dan buah, namun beri contoh dengan hanya memilih makan makanan sehat. Dengan sendirinya anak akan mengikuti gaya hidup sehat dan pemikiran yang sehat.

5. Ajak anak ke berbagai tempat

Anak akan belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika orangtua mengajaknya ke berbagai tempat, ada banyak pengalaman yang akan ia alami, dan dari situlah anak akan berani melakukan banyak hal, belajar beradaptasi dengan situasi dan mengembangkan rasa percaya diri.

6. Katakan ia punya kemampuan melakukan apa pun

Ketika anak menunjukkan rasa tidak percaya diri, tanyakan mengapa ia berpikir seperti itu, dan terangkan alasan mengapa ia bisa melakukan apa yang ia anggap meragukan. Seringkali dengan kata-kata dukungan dari orangtua, anak bisa lebih percaya diri.

Jadi, jika ingin membesarkan anak perempuan penuh percaya diri, lakukan sekian hal di atas ya Mom.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading