Survei Membuktikan Dukungan Sesama Ibu dapat Menghindari Stress

Anisha Saktian Putri30 Nov 2019, 15:00 WIB
Para ibu/unsplash Sharon

Fimela.com, Jakarta Seorang ibu memang memiliki banyak pekerjaan setiap harinya. Mulai dari mengurus keperluaan anak, suami hingga urusan rumah.

Tentu beban pekerjaan tersebut membuat banyak ibu mengalami stres, apalagi bagi ibu yang baru memiliki anak. Inilah mengapa seorang ibu butuh dukungan dari keluarga, teman, hingga komunitas.

Hasil survei yang dilakukan oleh aplikasi, Teman Bumil terhadap 749 ibu, saat ditanyakan apakah para ibu membutuhkan dukungan dari ibu lain, ternyata 97,6% membutuhkannya. Dari survei ini juga menemukan bahwa kebanyakan ibu, hampir 50% kemudian memilih bergabung dengan komunitas online atau melalui aplikasi khusus kehamilan untuk mendapatkan dukungan atau berbagi pengalaman dengan sesama ibu seputar kehamilan, menyusui atau mengasuh balita.

"Hanya sekitar 7% saja yang memilih bergabung dengan komunitas secara offline,” jelas Co-founder, Teman Bumil, Robyn Soetikno. 

Dari hasil survey juga ditemukan hal-hal yang dibagikan atau ditanyakan dalam support group online adalah seputar kehamilan (70,6%) dan tumbuh kembang anak, termasuk menyusui (26%).

Fitur berbagi cerita

Ulangatahun ke 2 Teman Bumil/Dok. Teman Bumil
Ulangatahun ke 2 Teman Bumil/Dok. Teman Bumil

Melihat dari survei tersebut, Teman Bumil mengenalkan fitur baru, yakni Birth Club dan Produk. Birth Club adalah support group yang disediakan oleh Teman Bumil sebagai wadah komunikasi antar sesama Mums untuk berkomunikasi satu sama lain.

Para ibu bisa bergabung ke Birth Club sesuai dengan HPL (Hari Perkiraan Lahir) atau bulan lahir si Buah Hati. 

“Birth Club Teman Bumil dikembangkan memenuhi kebutuhan ibu yang ingin berbagi pengalaman dengan sesama ibu lainnya, terutama mengenai usaha pencegahan stunting, seperti pemenuhan nutrisi yang tepat selama hamil, proses menyusui dan pemberian ASI eksklusif, memantau tumbuh kembang anak, menjaga kebersihan, dan pemberian imunisasi,” jelas Robyn.

Untuk bergabung dengan Birth Club Teman Bumil, caranya sangat mudah, cukup download aplikasi Teman Bumil, lalu buka kanal Forum dan temukan Birth Club yang sesuai dengan Hari Perkiraan Lahir Mums atau bulan Lahir si Kecil.

“Banyak sekali manfaat dengan bergabung ke Birth Club Teman Bumil. Misalnya bisa ikut Kelas Online dan juga berkesempatan memenangkan Mum of The Month, dengan hadiah menarik setiap bulan,” jelas Robyn.

Selain Birth Club, adapula fitur Produk, tidak perlu lagi bingung memilih produk yang tepat. Ada banyak sekali rekomendasi produk kehamilan, menyusui, bayi, hingga balita yang diberikan di dalam fitur ini, mulai dari spesifikasi hingga perkiraan harga.  

 

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓