Pentingnya Mencintai Diri Sendiri Bagi Ibu Baru, Begini Caranya

Anisha Saktian Putri09 Des 2019, 14:30 WIB
[Fimela] Mindful Parenting

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang ibu memang suatu tantangan, apalagi ketika menjadi ibu baru ada banyak hal yang harus dipelajari. Media sosial pun menjadi tempat belajar termudah bagi orangtua.

Namun sayangnya, media sosial justru membuat para ibu minder hingga membandingkan dengan pencapaian ibu lainnya. Alhasil bukannya mendapatkan ilmu dari media sosial, justu menjadi iri hati hingga berujung stres. 

Agar tak terjadi hal tersebut sebaiknya kita dapat belajar mencintai diri sendiri. Rahne Putri, momfluencer mengatakan arti Self Love adalah, mencintai diri sendiri merupakan bentuk tertinggi dalam menerima dan mengapresiasi setiap isi dan senti diri sendiri.

“Nah langkah sebelum self love adalah self awareness, mengenali diri. Selain mengenali apa kelebihan, tapi juga kekurangan, ketakutan. Menerima sisi baik dan buruk diri kita,” ujarnya kepada Fimela beberapa waktu lalu. 

Penting mencintai diri sendiri

[Fimela] Ilustrasi parenting
Ilustrasi parenting | unsplash.com/@irinamurza

Rahne menyampaikan bahwa sangat penting mencintai diri sendiri karena dalam keseharian kita terlebih seorang Ibu seringkali menaruh orang lain di atas segalanya sebelum diri sendiri. 

“Ketika kita sudah menerima, mengenal dan mencintai diri sendiri, maka kita akan mudah menemukan hal2 yang kita inginkan. Dan membantu kita lebih jelas menentukan arah tujuan hidup dan memahami kesuksesan versi diri sendiri,” paparnya. 

Lalu bagaimana kita mulai mencintai diri sendiri tanpa membandingkan, terutama bagi ibu baru yang tidak membandingkan pola asuhnya. 

- Pertama kita harus jujur dengan diri kita sendiri

- Percaya pada diri sendiri

- Menjadi lebih lembut terhadap diri sendiri 

- Memaafkan diri sendiri

- Rutin melakukan hal-hal yang disukai secara bertanggung jawab

“Stop membandingkan. Menjadi Ibu bukan perlombaan. Mencari kesempurnaan itu adalah sesuatu yang berlebihan, jadilah bahagia dan merasa cukup,” tutupnya. 

 

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓