4 Tanda Kehamilan yang Sehat, Sudah Tahu?

Endah Wijayanti08 Des 2019, 13:45 WIB
manfaat pilates untuk ibu hamil

ringkasan

  • Janin Berkembang 2 Inci setiap Bulan
  • Detak Jantung Bayi Terasa
  • Posisi Kepala Mengarah ke Jalan Lahir
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Umumnya, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12-15 kilogram. Penting untuk selalu kontrol dan memeriksakan diri ke dokter atau bidan secara rutin selama kehamilan. Memastikan kehamilan berjalan lancar dan sehat sangatlah penting baik bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungan.

Sangatlah penting juga bagi kita untuk membedakan tanda kehamilan sehat dan tidak sehat. Dengan lebih waspada dan hati-hati dalam memperhatikan tanda-tandanya, setidaknya kita tak gampang cemas bila ada sesuatu yang harus segera diatasi. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, ada lima tanda umum kehamilan sehat, selengkapnya langsung saja simak di sini, ya.

1. Ada Pergerakan

Saat kehamilan mencapai lima bulan, bayi dalam kandungan mulai bergerak. Pada kehamilan enam bulan, janin bisa melakukan gerakan sebagai respons atas suara yang didengar. Setelah tujuh bulan, janin juga bisa merespons rasa sakit dan cahaya. Ketika sudah berusia delapan bulan, janin akan makin sering menendang. Intensitas geraknya bisa menurun saat menjelang hari perkiraan lahir karena ruang yang semakin sempit. Selalu monitor pergerakan janin untuk memastikan kesehatannya.

2. Janin Berkembang 2 Inci setiap Bulan

Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk memonitor perkembangan janin dan kesehatannya. Umumnya, janin akan tumbuh 2 inci setiap bulannya. Sehingga pada usia kehamilan 7 bulan, janin setidaknya sudah tumbuh sepanjang 14 inci. Pada akhir bulan kesembilan, berat badan janin bisa mencapai 3 kilogram dengan panjang 18-20 inci.

 

3. Detak Jantung Bayi Terasa

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/nokkaew

Detak jantung bayi mulai terasa sekitar kehamilan usia lima minggu. Untuk memonitor detak jantung bayi, dokter mungkin akan melakukan tes. Dengan memonitor detak jantung bayi, kondisi kesehatan bayi bisa diperhatikan dengan lebih baik lagi. Detak jantung yang sehat adalah antara 110 hingga 160 per menit.

4. Posisi Kepala Mengarah ke Jalan Lahir

Pada usia kehamilan 9 bulan, pergerakan janin akan makin berkurang karena ruang yang makin sempit. Bayi yang sehat dalam kandungan, posisi kepalanya akan semakin mengarah ke jalan lahir untuk memudahkan proses persalinan.

Selalu monitor tumbuh kembang bayi dalam kandungan agar persalinan bisa lancar dan bayi lahir dalam keadaan sehat, ya. Semoga info ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓