Cara Mengatasi Demam pada Bayi Agar Lekas Reda

Mimi Rohmitriasih09 Des 2019, 12:08 WIB
Bayi

Fimela.com, Jakarta Semua bayi dipastikan pernah mengalami demam. Demam adalah kondisi yang umum terjadi pada semua orang termasuk bayi. Ketika mendapati bayi atau buah hatimu demam, usahakan agar terlalu panik Sahabat Fimela.

Demam yang terjadi pada bayi adalah bentuk respon tubuh untuk melawan penyakit. Demam pada bayi adalah yang wajar dan umum terjadi. Melansir dari laman parents.com, selama demam tidak diikuti dengan gejala lain seperti nafsu makan menurun drastis, bayi terlihat lesu dan lemah, bayi tidak responsif, bayi sesak nafas dan dehidrasi, demam ini bisa diredakan dengan cepat dan tepat di rumah tanpa harus dibawa ke dokter atau klinik terdekat.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi demam pada bayi? Simak yang berikut ini.

Cara Mengatasi Demam Bayi

bayi tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Agar demam pada bayi turun secara perlahan namun pasti, cara pertama yang bisa dilakukan adalah memandikan bayi dengan air hangat. Air hangat bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. Air hangat juga bermanfaat melancarkan sistem pernafasannya.

Cara kedua adalah memakaikan pakaian yang nyaman untuk bayi. Sebaiknya pakaian ini tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Pakaian yang terlalu tipis akan membuat bayi kedinginan. Sedangkan pakaian yang terlalu panas akan membuat bayi merasa panas dan suhu tubuhnya makin meningkat.

Saat bayi demam, usahakan agar memberikan asupan cairan yang cukup. Berikan ASI dan air putih secukupnya. Semakin cukup asupan cairan yang masuk ke tubuh bayi, maka akan semakin mudah ia pulih dan sembuh dari demamnya. Jika ingin memberikan obat penurun demam, usahakan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya. Jangan sembarang memberi obat ke bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓