Ibu Hamil Penting Peduli pada Diri Sendiri Demi Mencegah Depresi

Mimi Rohmitriasih09 Des 2019, 13:28 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Meski menjadi momen paling mengesankan, kehamilan tidak jarang juga membuat perempuan merasa stres hingga depresi.

Perubahan fisik dan suasana hati selama kehamilan bisa membuat perempuan sangat rentan depresi. Risiko ini akan semakin meningkat ketika perempuan hamil mendapati dirinya kurang mendapat kasih sayang dan dukungan dari suami juga orang-orang terdekatnya. Melansir dari laman parents.com, ibu hamil sangat penting mempedulikan dirinya sendiri demi mencegah risiko depresi.

Manfaat Peduli pada Diri Sendiri Selama Kehamilan

Hamil
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ibu hamil yang mempedulikan dirinya dengan baik akan menjaga kehamilannya dengan lebih baik. Ibu hamil ini juga akan mendapatkan kehamilan yang sehat, terjaga pun bahagia. Ketika ibu hamil bahagia dan menjaga kehamilannya dengan baik, ini akan mendukungnya dapatkan kehamilan yang sehat, janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta ibu terhindar dari stres.

Natalie Dattlio, Seorang Direktur Layanan Psikologi Brigham and Women's Hospital, AS mengatakan, “Hamil adalah momen yang menegangkan. Penting bagi seseorang mempedulikan dirinya dengan sebaik mungkin. Bila perlu, carilah bantuan jika merasa kurang nyaman dan bahagia. Depresi selama kehamilan sangat berbahaya jadi ini harus dicegah.”

Bukannya egois, peduli pada diri sendiri mengajarkan seseorang untuk lebih menghargai dirinya juga menghargai orang lain. Peduli pada sendiri adalah bentuk usaha bahwa seseorang melakukan yang terbaik untuk dirinya sendiri dengan tujuan agar orang lain tak dibuat repot olehnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓