Jadwal Makan Anak Perlu Diatur, Simak 4 Alasannya

Endah Wijayanti17 Des 2019, 07:12 WIB
jadwal makan anak

Fimela.com, Jakarta Saat anak sudah menginjak usia enam bulan, maka bisa mulai diberikan MPASI. Dalam prosesnya memang akan ada beberapa hal yang perlu disesuaikan. Proses adaptasi anak terhadap makanan juga perlu benar-benar diperhatikan agar tidak mengalami gangguan makan.

Cara kita memberikan makan dan waktu pemberian makan perlu kita jadwalkan. Mengatur jadwal makan anak sanagtlah penting. Berikut beberapa alasan pentingnya.

1. Membentuk Regulasi Internal

Mengutip buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, dengan mengatur jadwal makan bayi dan anak, regulasi internal pun dapat dibentuk. Ketika sudah terbentuk dengan baik, maka bayi dan anak mampu menyadari rasa lapar atau rasa kenyang pada diri sendiri. Sehingga bsia memudahkannya mengondisikan seberapa banyak makanan yang bisa ia konsumsi dari setiap jadwal makan.

2. Mendorong Anak Menerapkan Perilaku Makan yang Baik

Untuk membantu anak agar bisa menerapkan perilaku makan yang baik, kita perlu menerapkan aturan makan. Dengan membuat jadwal dan aturan makan pada anak, kita bisa membantu anak untuk bisa memilih makanan yang sesuai. Ketika anak semakin besar anak pun bisa makan sendiri dengan baik.

 

 

3. Menghindari Gangguan Makan

mpasi aman
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/aneoho

Pengaturan jadwal makan anak sangat penting untuk menghindari gangguan makan. Untuk anak usia di atas satu tahun, jadwal makanan utam dan selingan harus diatur setiap harinya, durasi makan anak harus dibatasi dan tak boleh lebih dari 30 menit, dan anak hanya boleh mengonsumsi air putih di antara waktu makan.

4. Mencegah Anak Melakukan Kebiasaan Mengemut Makanan

Penyebab tersering dari kebiasan mengemut makanan adalah seringnya berlama-lama dalam proses makan. Batasi waktu makan selama 30 menit. Rata-rata anak berusia 1-3 tahun hanya mampu berkonsentrasi untuk makan kurang dari 30 menit.

Meski mungkin pada praktiknya agak sulit untuk membuat jadwal makan yang teratur untuk anak, tetap saja kita perlu mencobanya. Semoga dengan begitu, kita bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya jadi lebih baik lagi.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓