Hamil Usia 30 Tahun ke Atas, Kemungkinan Hamil Anak Kembar Makin Besar

Febi Anindya Kirana16 Des 2019, 17:34 WIB
Nutrisi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Menikah di usia 25 tahun ke atas mungkin bukan masalah bagi para perempuan yang memilih membangun karir dan mapan terlebih dahulu. Hal yang dikhawatirkan banyak perempuan adalah bagaimana mereka akan hamil di usia 30an tahun ke atas, karena secara umum hamil di usia ini juga memperbesar risiko timbulnya masalah kesehatan.

Namun ternyata ada fakta menarik hamil di usia tua. Perempuan yang hamil di usia 30an tahun memiliki kemungkinanan besar hamil anak kembar. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal online Human Reproduction menemukan bahwa perempuan lebih tua memiliki kemungkinan hamil anak kembar dibandingkan perempuan yang hamil di usia muda.

Ini karena semakin bertambahnya usia, perempuan usia 30 tahun ke atas memiliki kadar hormon FSH (follicle-stimulating hormone) yang lebih tinggi sehingga memungkinkan hamil anak kembar, seperti dijelaskan dalam WebMd. Follicle stimulating hormone ini berperan penting mengembangkan sel telur di dalam ovarium sebelum dilepaskan ke rahim.

Hamil di Usia Tua = Potensi Hamil Anak Kembar Semakin Besar

Kehamilan
Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tingginya FSH dibutuhkan perempuan yang ingin hamil di usia tua karena hormon ini membantu menstimulasi sel-sel telur lebih subur dibanding saat mereka masih berusia muda. Menjalani program kehamilan juga sangat membantu meningkatkan kesuburan dan tingginya FSH sehingga bisa melepaskan sel telur lebih dari satu.

Ditambah lagi, perempuan dengan berat badan lebih juga punya kemungkinan lebih besar hamil kembar dibandingkan perempuan dengan berat badan rendah. Kemungkinan karena banyknya lemak bisa meningkatkan kadar estrogen sehingga menstimulasi produksi sel telur lebih banyak.

Jadi, meskipun banyak risiko yang dihadapi saat hamil di usia tua, ternyata ada potensi dirimu hamil anak kembar. Terlepas hamil anak kembar atau tidak, pastikan kesehatan menjadi yang paling utama ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓