Sukses

Parenting

6 Hal Unik Ini Terjadi pada Payudara Selama Hamil

Fimela.com, Jakarta Saat menyadari diri positif hamil, akan ada banyak hal-hal baru yang akan mengubah hidupmu, tidak terkecuali bentuk tubuhmu. Salah satu perubahan yang akan dirasakan adalah perubahan pada payudara.

Tanpa disadari, payudaramu akan memberikan reaksi-reaksi unik untuk mempersiapkan diri menyambut jabang bayi. Hal ini terjadi secara alami, namun terkadang cukup mengejutkan. Ini dia perubahan payudara yang mungkin kamu alami selama hamil.

1. Ukuran membesar

Ini adalah hal paling umum yang terjadi saat hamil. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Aesthetic Surgery Journal menemukan bahwa ptosis (payudara mengendur) akan dihentikan selama hamil, dan sebaliknya payudara akan lebih kencang dan padat karena mengalami perkembangan jaringan.

2. Besarnya tak sama antara kanan dan kiri

Wajar jika memang payudaramu tidak sama besar, itu hal yang alami dan semua perempuan mungkin sudah mengetahui itu. Tapi ketika hamil, perbedan ini bisa terlihat jelas. Payudara yang dominan akan digunakan untuk menyusui biasanya akan lebih besar, begitu juga bagian putingnya.

3. Ada bayi menangis, payudara akan mengeluarkan air susu

Jika sudah memasuki masa menyusui, payudara pasti akan lebih padat karena produksi ASI bahkan seringkali cairan keluar sendiri tanpa kamu sadari. Hal ini mulai terjadi sejak trimester akhir, namun uniknya, payudara ternyata punya reaksi tak terduga. Payudara akan bereaksi ketika mendengar tangisan bayi, bahkan jika itu bayi orang lain. Menurut U.S. Department of Health and Human Services, payudara akan dengan sendirinya menghasilkan air susu, karena reaksi alami seorang ibu.

4. Puting dan areola membesar

Tidak hanya payudara yang membesar, bagian puting dan areola juga akan membesar dan berwarna lebih gelap. Hal ini dipengaruhi secara hormonal, jadi tidak perlu cemas. Dan seringkali putih yang membesar dan areola yang menggelap ini akan tetap seperti itu setelah melahirkan dan menyusui.

5. Puting dan payudara gatal

Karena perkembangan ukuran, salah satu hal yang wajar dialami adalah gatal. Ini karena jaringan tubuh bertambah dan kulit akan semakin kering dan kencang. Jangan digaruk, gunakan salep atau krim pelembab untuk menjaga kulit payudara dan puting tetap sehat. 

6. Payudara mengendur

Secara ilmiah, setiap setelah kehamilan, kepadatan payudara akan berkurang dan cenderung akan turun karena berkurangnya produksi ASI. Namun bersyukurlah karena masa hamil dan menyusui bahkan payudara yang turun justru bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Itu dia beberapa perubahan payudara yang bisa terjadi saat hamil (dan menyusui). Setiap perempuan mungkin akan mengalami hal yang berbeda, namun tenang semua itu wajar adanya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading