Selama Masih Mau Minum Susu, Anak tak Perlu Makan?

Endah Wijayanti18 Des 2019, 15:15 WIB
anak minum susu

Fimela.com, Jakarta "Yang penting sudah minum susu, tak perlu makan lagi."

"Nggak apa-apa anak susah disuruh makan, yang penting masih mau minum susu."

"Selama rutin minum susu, tumbuh kembang anak akan baik-baik saja."

Mungkin kita sering mendengar ungkapan tersebut ketika anak yang sudah berusia satu tahun susah makan. Masih banyak yang beranggapan bahwa minum susu saja sudah sudah cukup, tidak makan pun tidak apa-apa. Benarkah demikian?

Mengutip buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, makan dengan tekstur sesuai usia dapat melatih keterampilan motorik anak. Jadi, melatih anak untuk makan pun sangatlah baik untuknya. Selain itu, rasio makanan padat dan cair juga harus disesuaikan dengan usia anak.

Rasio Makanan Padat dan Susu

Bila anak sudah berusia satu tahun, kita perlu memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Pada anak yang sudah berusia satu tahun, sangat dianjurkan anak mendapat makanan padat dan makanan cair (susu) dengan rasio yang seimbang. Rasionya untuk makanan padat adalah 70% dan makanan cair (susu) sebanyak 30%. Pemberian makanan sesuai dengan rasio yang tepat sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal.

 

Cukupi Kebutuhan Gizi dan Nutrisinya agar Terhindar dari Gangguan Tumbuh Kembang

cara memberikan MPASI
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/oduaimages

Penting bagi orangtua untuk membuat aturan dan jadwal makan anak yang rutin. Meski anak makan sedikit, sebaiknya orangtua tidak tergoda untuk memberi makanan maupun susu di luar jadwalnya. Supaya anak berselera makan, kita bisa menciptakan rasa lapar pada anak dengan jadwal makan yang teratur.

Ketika si kecil sudah menginjak usia enam bulan, kita perlu memberikan MPASI. Jika pemberian MPASI ini terlambat, dikhawatirkan nantinya tumbuh kembang anak tidak optimal sehingga membahayakan si kecil.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓