Minyak Apa yang Boleh Ditambahkan pada MPASI?

Endah Wijayanti20 Des 2019, 15:15 WIB
sumber lemak mpasi

Fimela.com, Jakarta Tujuan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) adalah memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang tak dapat tercukupi hanya dari ASI saja. Saat anak sudah menginjak usia 6 bulan, anak mulai bisa diperkenalkan dengan MPASI. MPASI perlu dibuat dengan bahan dan kandungan nutrisi yang seimbang, bahkan perlu mengandung sumber lemak yang sehat.

Apakah minyak yang boleh diberikan pada MPASI hanya minyak zaitun? Mengutip buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, sumber lemak yang aman diberikan pada bayi tak hanya berupa minyak zaitun. Sumber lemak lain seperti minyak kanola, minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak kelapa sawit bisa kita gunakan.

Sumber Lemak Bisa Diperoleh dari Mentega Juga

Selain minyak, mentega juga bisa ditambahkan sebagai sumber lemak. Mentega asin atau salted butter pun boleh digunakan, hanya saja perhatikan kadar garamnya supaya tak berlebihan. Misalnya, jika kita sudah menggunakan mentega asin pada MPASI yang kita buat, maka kita tak perlu menambahkan garam lagi.

 

MPASI dengan Nutrisi Lengkap

cara memberikan MPASI
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/oduaimages

Perlu dipahami bahwa tujuan MPASI adalah melatih keterampilan bayi agar dapat menerima makanan keluarga. Kita bisa membiasakan anak untuk makan sama dengan makanan keluarga. Perhatikan pula bahwa setiap kali makan, nutrisi yang terkandung sebaiknya lengkap mencakup sumber karbohidrat, protein, dan lemak, serta sayur atau buah.

Semoga info ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang penting dalam memaksimalkan pemberian MPASI untuk tumbuh kembang si kecil yang optimal.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓