Tips Mengatasi Mabuk Kendaraan pada Anak Saat Perjalanan Jauh

Mimi Rohmitriasih26 Des 2019, 13:45 WIB
Anak mabuk perjalanan

Fimela.com, Jakarta Libur akhir tahun telah tiba. Bagi Mom yang ingin mengajak buah hati menikmati liburan akhir tahun di luar kota atau bahkan luar negeri, ini adalah waktu yang tepat. Selain Mom dan suami bisa mengajukan cuti akhir tahun, anak juga sudah memasuki waktu liburan sekolah sehingga Mom sekeluarga punya banyak waktu untuk berlibur bersama.

Untuk menikmati liburan akhir tahun yang menyenangkan di luar kota, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satu halnya adalah memastikan keluarga melakukan perjalanan dengan nyaman, sehat dan selamat saat pergi pun pulang. Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan ketika melakukan perjalanan jauh dengan anak adalah saat anak mabuk perjalanan.

Pastikan untuk mengatasi mabuk kendaraan pada anak dengan sebaik mungkin. Bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Mabuk Kendaraan pada Anak

anak mabuk kendaraan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Africa Studio

Alihkan Perhatian Anak

Ketika mendapati anak mulai mabuk, coba untuk mengalihkan perhatian anak. Ajak anak ngobrol atau melihat pemandangan sekitar. Jangan biarkan anak membaca buku, main gadget atau main mainannya karena ini akan membuat anak semakin pusing dan mabuk.

Sediakan Camilan dan Permen

Untuk mengurangi risiko mabuk pada anak selama di kendaraan, sediakan camilan dan permen. Ajak anak makan camilan yang ringan dan bisa mengalihkan perhatiannya untuk tidak mabuk. Siapkan juga permen yang bermanfaat menurunkan risiko mabuk selama melakukan perjalanan jauh di kendaraan.

Lakukan Perjalanan di Jam Tidur Anak

Untuk meminimalisir risiko mabuk perjalanan, usahakan untuk melakukan perjalanan di jam tidur anak. Melakukan perjalanan di jam tidur anak akan membuat anak tidur selama di kendaraan. Tidur bisa menurunkan risiko mabuk anak.

Udara Sejuk dan Posisi Duduk Nyaman

Usahakan agar anak duduk dengan posisi nyaman di kendaraan. Usahakan pula agar di dalam kendaraan anak tetap mendapat udara sejuk baik dari AC kendaraan atau dari kaca jendela yang dibuka. Udara yang sejuk akan membantu anak terhindar dari risiko mabuk.

Oleskan Minyak yang Menyegarkan Anak

Oleskan minyak kayu putih, minyak aromaterapi atau minyak telon ke tubuh anak agar ia tidak mabuk. Umumnya mabuk disebabkan karena masuk angin di saat perut kosong. Untuk mengeluarkan angin di perut anak ini, oleskan minyak aromaterapi ke perut, kening atau bagian tubuh tertentu anak.

Itulah cara mengatasi anak mabuk saat melakukan perjalanan jauh. Agar perjalan jauh makin menyenangkan, hindari dan atasi risiko mabuk perjalanan dengan sebaik mungkin. Bila perlu, konsumsi obat anti mabuk sebelum benar-benar berangkat melakukan perjalanan jauh.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓