5 Rekomendasi Makanan Pertama untuk BLW Buah Hati

Mimi Rohmitriasih31 Des 2019, 19:15 WIB
bayi makan

Fimela.com, Jakarta Setelah genap berusia 6 bulan, bayi perlu mendapat makanan tambahan selain ASI. Makanan tambahan ini bisa berupa bubur atau susu formula. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, Mom bisa memberikan makanan padat ke bayi.

Saat memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) ke bayi, ada pula metode alternatif yang dikenal dengan BLW (Baby Led Weaning). Ini merupakan metode di mana Mom membiarkan bayi memilih dan makan makanan padat sesuai dengan keinginannya. Lewat metode ini, bayi bisa langsung makan makanan padat dan tanpa makan bubur yang disuapi oleh Mom.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa makanan yang bisa direkomendasikan sebagai makanan pertama untuk BLW.

Makanan Pertama untuk BLW

MPASI
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Red pepper

Wortel

Makanan pertama untuk BLW adalah wortel. Cuci bersih wortel dan potong kotak-kotak kecil. Rebus wortel hingga benar-benar empuk kemudian berikan ke buah hati.

Alpukat

Makanan berikutnya untuk BLW adalah alpukat. Alpukat mengandung nutrisi yang sangat baik buat buah hati. Tekstur alpukat juga sangat lembut sehingga aman untuk makanan bayi sebagai makanan MPASI.

Brokoli

Sayur brokoli mengandung antioksidan yang baik buat buah hati. Rebus brokoli hingga benar-benar empuk kemudian berikan ke bayi sebagai MPASI. Saat sayur brokoli dimasak hingga benar-benar matang, teksturnya akan menjadi sangat lembut sehingga tidak berbahaya buat bayi.

Melon

Buah melon juga menjadi salah satu makanan yang aman untuk makanan pertama BLW. Melon memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Namun ingat, hindari memberikan melon secara berlebih ke bayi karena melon mengandung glukosa yang cukup tinggi.

Pisang

Buah pisang bisa menjadi makanan pertama untuk BLW. Pisang mengandung nutrisi yang baik buat tumbuh kembang buah hati. Pisang yang matang juga memiliki tekstur lembut sehingga aman untuk bayi.

Saat menerapkan MPASI dengan metode BLW, pastikan untuk memantau bayi dengan baik saat makan. Usahakan untuk menyiapkan suasana makan yang menyenangkan, gunakan baby bibs dengan ukuran lebih besar dan berbahan silikon agar baju bayi tidak kotor dan pastikan makanan untuk BLW telah dipotong secara benar untuk menghindari bayi tersedak. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓