Mengatasi Alergi Debu pada Bayi

Gayuh Tri Pinjungwati08 Jan 2020, 15:15 WIB
Memeluk bayi

Fimela.com, Jakarta Alergi debu dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bulu hewan piaraan, jamur, dan bangkai hewan kecil seperti tungau. Debu merupakan partikel kecil yang dapat mengendap di sudut ruangan.

Ketika anak mengalami batuk dan bersin-bersin, terlintas dalam pikiran adalah akibat perubahan cuaca. Namun tanpa disadari, debu yang berada disekitar Mom dapat menjadi pemicu batuk dan bersin-bersin pada anak. Partikel kecil ini dapat dengan mudah terbawa angin dan masuk ke dalam rumah.

Alergi debu dapat menyebabkan mata merah disertai rasa gatal, bersin-bersin, batuk dan parahnya alergi debu dapat memicu sesak napas. Maka dari itu Mom, ada baiknya menjaga kebersihan secara menyeluruh untuk memastikan rumah terbebas dari debu. Nah, berikut ini cara untuk mengatasi alergi debu pada bayi.

Bersihkan Ruangan Secara Rutin

Debu dari luar rumah dengan mudah masuk ke dalam ruangan melalui celah pintu dan ventilasi. Baiknya Mom, membersihkan rumah setiap hari dapat mengurangi risiko si kecil terpapar debu secara langsung.

Bersihkan AC dan Kipas Angin

kipas angin
Ilustrasi kipas angin (iStockphoto)​https://www.fimela.com/dashboard/articles/create?#

Membersihkan AC dan kipas angin sangat perlu ya Mom. Karena debu yang ada di langit-langit rumah dapat dengan mudah menempel pada AC atau kipas angin. Apabila AC dan kipas angin digunakan dalam keadaan kotor, dengan mudahnya debu beterbangan.

Usahakan Kamar Tidak Lembab

Jaga kamar si kecil agar tidak lembab Mom, pastikan ventilasi kamar si kecil cukup baik dan sinar matahari dapat masuk ke ruangan. Karena bedu bisa saya mengendap di tempat yang lembab, seperti di kasur, bantal atau karpet.

Bersihkan Mainan Si Kecil

Selain membersihkan sudut ruangan, alangkah baiknya jika Mom, membersihkan mainan si kecil. Terlebih mainan seperti boneka yang berbulu, dengan mudah partikel kecil pada debu dapat mengendap pada mainan si kecil Mom.

Sebaiknya tetap jaga kebersihan ya Mom, demi kesehatan si kecil dan keluarga tercinta.

 

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓