Tips Mengasuh Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget

Meita Fajriana13 Jan 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 19:30 WIB
Anak kecanduan gadget

Fimela.com, Jakarta Dengan kemajuan teknologi, sarana komunikasi telah menjadi revolusioner. Seseorang dapat terhubung dengan orang-orang yang duduk di berbagai penjuru dunia hanya dalam beberapa detik. Tetapi meskipun membuat hidup kita nyaman, ada juga tantangan yang harus kita hadapi dengan datangnya teknologi. Pengaruh teknologi sangat banyak pada anak-anak sehingga mereka hampir kecanduan. Bahkan mereka yang baru berusia satu tahun terlihat mengintip ke dalam smartphone, sementara orang tua mereka menggunakannya.

Tidak diragukan lagi, teknologi pasti dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam sejumlah cara dan dapat membantu orang tua dalam menjaga anak-anak sementara mereka (baca orang tua) sibuk dalam beberapa pekerjaan lain, teknologi juga dapat membahayakan anak-anak. Dalam situasi seperti itu jika sebagai orangtua, Anda mencoba menghentikan anak-anak ini, kemungkinan besar Anda akan mendengar tangisan mereka. Sebagai orang tua, menjadi tanggung jawab Anda untuk mengajari anak-anak Anda cara yang benar untuk menggunakan teknologi, terutama smartphone.

Untuk ini, Anda tidak perlu menelusuri cara-cara untuk mendidik anak-anak Anda karena kami telah mendaftarkan beberapa tips yang dapat berguna bagi Anda.

1. Tetapkan Beberapa Aturan Dan Pedoman

Untuk membuat anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan yang lebih baik dalam menggunakan internet atau teknologi lainnya, Anda dapat menetapkan beberapa pedoman dan aturan untuk mereka. Misalnya, Anda dapat memperbaiki slot waktu di mana mereka akan berinteraksi dengan teknologi. Sebagai orang tua, Anda perlu memahami bahwa ketika teknologi dan media tidak digunakan dengan cara yang tepat, hal-hal yang salah dapat terjadi dan membahayakan anak-anak Anda dengan cara yang tidak terduga.

 

 

2. Ketahui Kegiatan Anak-Anak Anda Di Internet

Anak kecanduan gadget
Anak kecanduan gadget/copyright: shutterstock

Jika Anda berpikir menyerahkan smartphone atau video game dapat membuat anak-anak Anda tetap terlibat dan memberi Anda waktu untuk fokus pada pekerjaan lain, maka ini dapat menjadi bumerang bagi Anda. Karena itu, anak-anak Anda dapat mengunjungi situs web yang tidak pantas atau dapat merusak gadget yang mereka gunakan, jika Anda tidak ada.

Karena itu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu kegiatan anak-anak Anda di internet. Hanya dengan begitu, Anda dapat memandu penggunaan internet yang lebih baik dan sesuai.

 

3. Berpartisipasi Selama anak menggunakan gadget

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Anda melihat anak-anak Anda menonton sesuatu di laptop, smartphone atau layar televisi mereka, cobalah untuk berpartisipasi di dalamnya. Awalnya, anak-anak Anda mungkin menunjukkan ketidaksetujuan mereka atas hal ini tetapi Anda dapat menjelaskan kepada mereka betapa baiknya menonton bersama. Menonton bersama dan bermain bersama dapat membantu Anda membangun ikatan dan mempelajari hal-hal baru. Misalnya, jika Anda bermain video game dengan anak-anak Anda, maka Anda akan memiliki sportif. Sementara itu, Anda juga dapat berbagi pengalaman hidup Anda dengan mereka.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓