4 Tips Mengatasi Kulit Berjerawat setelah Melahirkan

Endah Wijayanti18 Jan 2020, 12:15 WIB
jerawat saat hamil

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, kita akan disibukkan dengan mengurus dan merawat buah hati tercinta. Saking sibuknya, sampai-sampai kita jadi tak sempat merawat diri. Rambut dan kulit bisa mengalami perubahan setelah kita melahirkan. Salah satunya adalah kondisi kulit yang berjerawat.

Melansir Top 10 Tips To Take Care Of Your Skin And Hair Post Pregnancy via momjunction.com, sebagian perempuan mengalami kulit berjerawat, pigmentasi, stretch mark, mata panda, dan rambut rontok setelah melahirkan. Sementara sebagian perempuan lain ada yang tidak mengalami hal tersebut, bahkan masih menampilkan aura ibu hamil (pregnancy glow). Bagi yang kulitnya makin berjerawat setelah melahirkan, tak perlu panik dulu ya. Masih ada cara untuk mengatasinya.

Penyebab Kulit Berjerawat setelah Melahirkan

Selama kehamilan, tingginya kadar progesteron bisa membuat kulit sangat berminyak. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan munculnya jerawat. Setelah melahirkan, karena perubahan kadar hormon, kulit pun bisa berjerawat meski selama kehamilan sebelumnya tak pernah berjerawat.

Tips Mengatasi Kulit Berjerawat

Ini Lho Caranya Perawatan yang Tepat untuk Wajah Berjerawat
┬ęshutterstock

Ada empat tips dasar yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit berjerawat, antara lain:

1. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah bertekstur lembut (mild cleanser) dua kali sehari. Setidaknya setiap kali selesai mandi pada pagi dan sore hari, wajah perlu dibersihkan secara rutin.

2. Gunakan pelembap bebas minyak (oil free). Pilih pelembap yang ringan untuk dipakai pada pagi dan malam hari. Menjaga kelembapan kulit setelah melahirkan penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap kenyal dan bersinar. Gunakan krim mata khusus untuk mengatasi mata panda atau mata sembap.

3. Gunakan scrub wajah seminggu sekali. Pilih scrub dengan butiran yang halus untuk merawat wajah berjerawat. Eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati bantu mengatasi jerawat sekaligus menyamarkan bercak-bercak hitam pada kulit.

4. Sebaiknya gunakan produk kecantikan dan perawatan wajah dari bahan alami seperti aloe vera dan eukaliptus.

Jika punya masalah kulit yang sulit diatasi, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Yang tak kalah penting adalah jaga kondisi mental untuk tidak gampang stres agar kulit tidak mudah berjerawat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓