Trik Mulai Membiasakan Anak Tidur Sendirian

Meita Fajriana20 Jan 2020, 13:00 WIB
Bayi Mengantuk

Fimela.com, Jakarta Jika kamu adalah orangtua baru, tentu sudah melakukan beberapa cara untuk membuat anak bisa nyaman tidur sendirian. Kamu telah mengadopsi berbagai cara untuk membuat bayi tidur sendirian, dan masih belum berhasil? Kamu bisa membantu menyiapkan suasana yang nyaman untuk sang buah harti ketika tidur.

Memiliki bayi tentunya akan sulit membuatnya terlelap tidur di malam hari. Hal ini sebenarnya normal karena bayi tidak memiliki rentang tidur seperti bayi kita, mereka tidur siang pendek dan terikat untuk bangun setelah interval waktu singkat. Faktanya, kebanyakan bayi tidak mendapatkan jadwal tidur yang teratur sampai mereka menjadi balita.

Namun, ketika mereka berusia sekitar 6 bulan, kamu dapat mencoba membantu mereka tertidur sendiri sepanjang malam, dan menjadikannya kebiasaan sehingga kamu tidak kehabisan energi dan tidur. Terlebih jika kamu adalah orangtua yang bekerja, ini akan sangat membantu membuat waktumu lebih berkualitas

Jika kamu masih belum menemukan jalan keluar, berikut tips sederhana untuk membuat si kecil bisa tidur sendirian, seperti dilansir dari situs boldsky, Senin (20/1/2020).

1. Pilih Tempat

Berikan bayimu tempat yang tepat untuk tidur. Bisa jadi buaian, tempat tidur, atau di kamar yang berbeda. Tapi, di mana pun tempat yang kamu pilih, pastikan bayi nyaman untuk tidur. Kamu dapat mencoba berbagai ruangan yang tepat hingga bisa digunakan untuk menidurkan bayi.

2. Tetapkan Isyarat atau Waktu

Kamu harus memilih waktu yang ditetapkan untuk membuat bayi tertidur setiap hari. Dengan melakukan ini, kamu benar-benar mengajari bayi itu bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk tidur dan mereka akan mengikuti petunjuk setelah beberapa hari.

Bersamaan dengan itu, kamu juga dapat memberikan isyarat lain seperti lagu pengantar tidur atau tindakan sambil membuat mereka tidur seperti menepuk2nya pelah sehingga mereka dapat mengerti bahwa sudah waktunya untuk tidur.

3. Menjadikannya Rutinitas Harian

popok pada bayi
Popok pada bayi./Copyright shutterstock.com/g/oduaimages

Kamu dapat melakukan rutinitas sebelum tidur yang pendek dan sederhana untuk bayi setiap hari. Ini dapat mencakup hal-hal seperti mandi air hangat diikuti dengan penggantian popok, kemudian pijatan kecil, dan akhirnya tidur. Begitu jam biologis bayi berkenalan dengan rangkaian rutin ini, mereka kemungkinan besar akan tertidur sendiri di akhir rutinitas.

4. Memakai Pakaian Nyaman

Popok bayi/unsplash the honest
Popok bayi/unsplash the honest

Pakaian ketat dan banyak aksen bisa menjadi penghalang yang besar untuk bayi bisa tidur. Bahkan hal ini tentunya juga dirasakan oleh orang dewasa? Berikan bayimu pakaian malam yang nyaman dan lapang sehingga mereka tidak merasa lemas. Disarankan memberikan pakaian yang disukai bayi yaitu yang terasa lembut saat disentuh.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓