Tips Membiasakan Anak untuk Makan Sehat

Ayu Puji Lestari20 Jan 2020, 17:45 WIB
Anak Sehat

Fimela.com, Jakarta Istilah kita adalah apa yang kita makan tidak hanya berlaku untuk orang dewasa. Anak-anak pun membutuhkan asupan nutrisi yang sehat. Nah, untuk itu sedari dini sebaiknya biasakan untuk memberikan makanan sehat untuk anak-anak.

Lalu bagaimana cara untuk membiasakan anak makan makanan sehat? Simak tips dari Fimela berikut ini.

Hindari Membuat larangan Terlalu Ketat

Mom, yang sering tidak disadari melarang anak untuk melakukan sesuatu dengan ketat ternyata tidak baik baginya. Melarang dengan keras ternyata malah akan membuat anak berisiko terkena anoreksia atau bulimia saat dewasa nanti. Berikan saja pengertian yang baik untuk si kecil soal makanan apa saja yang sebaiknya masuk dalam tubuh mereka.

Selalu Sediakan Makanan Sehat di Rumah

Anak mudah meniru apa yang dilihatnya. Maka selalu sediakan makanan yang sehat di rumah. Anak akan secara otomatsi memakan makanan sehat yang mom sediakan.

Buah Sebagai Camilan Sehat

Berikan makanan sehat untuk anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ucchie79

Sediakan buah sebagai camilan untuknya. Mom juga dapat mulai melakukannya di depan anak. Perbanyak konsumsi makan buah dan sayur dibanding makanan tidak sehat lainnya.

Berikan Pujian

Jangan pelit pujian. Saat si kecil menyantap makanan sehatnya, jangan ragu untuk memberikan pujian. Ini akan memotivasinya agar lebih rajin makan sayur dan buah setiap harinya.

Makan Bersama

Luangkan waktu bersama si kecil untuk makan bersama. Siapkan makanan sehat seperti buah dan sayur, lalu makan bersamanya. Hal ini akan membantu untuk memotivasinya makan makanan sehat.

Nah, Sahabat Fimela demikian cara untuk membangun kebiasaan si kecil agar mau makan makanan sehat. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓